Daftar Gaji Karyawan Pertamina Retail 2021

Diposting pada

Daftar Gaji Karyawan Pertamina Retail 2021 – Pertamina retail atau yang banyak dikenal dengan sebutan SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum merupakan anak cabang dari perusahaan pusat yakni Pertamina.

Secara umum, sesuai dnegan namanya pertamina retail atau SPBU akan menjual bahan bakar kepada masyarakat secara retail.

Gaji Karyawan Pertamina Retail
Gaji Karyawan Pertamina Retail

Dikarenakan SPBU hanyalah anak perusahaan saja, maka tak heran apabila gaji karyawan pertamina retail tidak sebesar gaji pegawai Pertamina yang langsung bekerja di pusatnya.

Hal tersebut dikarenakan para karyawan yang bekerja di SPBU tidak mendapat jabatan sebagai pegawai yang bekerja di bawah BUMN, Pertamina langsung.

Tetapi, meskipun demikian kisaran gaji karyawan pertamina retail tetap menggiurkan, berikut ini penjelasan gaji para karyawannya.
Sebelum membahas tentang pertamina retail, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu perusahaan pertamina?

Pertamina merupakan sebuah perusahaan BUMN yang memiliki tugas untuk memproduksi minyak dan gas bumi agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

Pertamina memiliki tugas dan peran yang sangat penting dalam pengelolaan dan penambangan gas dan minyak bumi di Indonesia.

Perusahaan ini merupakan sebuah merger dari perusahaan Permina dan Pertamina yang melakukan merger tepat pada tahun 1968 silam.

Perusahaan Pertamina (Persero) telah diresmikan sejak tahun 1957, tepatnya pada tanggal 10 Desember.

Sedangkan pertamina retail adalah anak cabang dari perusahaan Pertamina yang memiliki peran untuk menjual bahan bakar hasil pengolahan minyak bumi dan gas alam.

Produk Pertamina Retail

Seiring dengan perkembangan zaman, sejak awal berdiri hingga saat ini pertamina retail telah memberikan berbagai inovasi baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

Buktinya, untuk saat ini pertamina retail sudah menjual gas LPG secara mandiri untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain gas LPG, berikut ini daftar produk yang dijual oleh pertamina retail.

Produk Fuel Ritel

Ada 8 produk dari jenis ritel yang dihasilkan pertamina, diantaranya:

Pertamax

Produk jenis pertama yang dijual oleh pertamina retail adalah Pertamax, bahan bakar yang paling sering digunakan oleh jenis kendaraan sepeda motor.

Pertamax sangat bagus guna membersihkan bagian mesin kendaraan dalam, khususnya untuk pengguna jenis motor Electronic Full Injection.

Premium

Produk selanjutnya adalah jenis bahan bakar Premium, bahan bakar yang harganya palingmurah di antara bahan bakar lainnya.

Hal tersebut dikarenakan terendahnya angka oktan pada bahan bakar premium, yaitu sekitar 88, lebih rendah dari Pertalite dan Pertamax.

Selain itu, Premium memiliki ciri khas yaitu berwarna kuning karena tambahan zat yang ada di dalamnya.

Pertalite

Pengganti Premium adalah Pertalite, bahan bakar dengan ciri khas berwarna hijau terang, dan memiliki kandungan sulfur sebanyak 880 ppm.

Angka oktan bahan bakar ini mencapai 90 dan sudah tidak mengandung timbal dan besi, yang berarti aman untu kendaraan yang kompresi mesinnya mencapai angka 9:1 sampai 10:1.

Pertamax Turbo

Kombinasi produk dari Ignition Boost Formula dengan Pertamax Plus menghasilkan Pertamax Turbo, dengan kandungan oktannya yaitu 98.

Solar atau Biosolar

Produk terakhir yang dijual oleh pertamina retail adalah solar atau biosolar, dengan angka setana mencapai 48.

Solar adalah bahan bakar khusus kendaraan dengan roda empat seperti bus, mobil, truk, serta kendaraan lama.

Pertamina Dex

Merupakan bahan bakar diesel terbaik yang mampu menjadikan kinerja mesin lebih optimal, tangguh, dan bertenaga. Pertamina Dex dilengkapi dengan lubricity dananti foaming of gas.

Dexlite

Merupakan varian bahan bakar diesel yang memiliki angka Cetane minimal 51 dan mengandung Sulfur maksimal 1200 ppm, artinya Dexlite adalah jenis bahan bakar diesel yang menghasilkan emisi yang ramah lingkungan serta pemakaian yang irit.

Vi-gas

Bahan bakar LGV (Liquified Gas for Vehicle) yang diformulasikan untuk kendaraan bermotor terdiri dari campuran Propane (C3) dan Butane (C4) yang spesikasinya disesuaikan untuk keperluan mesin kendaraan bermotor sesuai dengan SK Dirjen Migas No. 2527.K/24/DJM/2007.

Produk Non-Ritel

Sedangkan untuk produk non-ritel dari pertamina retail ada 5 varian yaitu:

LPG

Pertamina retail juga menjual produk LPG untuk keperluan memasak, dengan jenis produk LPG 3kg dan Bright Gas 12kg.

Kombinasi natural gas, minyak mentah, C4H10, serta C3H8 ini disebut dengan gas LPG.

Bright Store

Bright Convenience Store/Mini Market & Café terintergrasi di jaringan SPBU Pertamina. Menawarkan berbagai produk serta makanan dan minuman berkualitas premium dengan harga terjangkau, yang dipadukan dengan pelayanan ramah dan lokasi stra-tegis.

Bright Wash

Pengembangan Bisnis NFR PT. Pertamina Retail sebagai Trader Peralatan dan Perlengkapan Car Wash yang mendukung Program Pertamina (Persero) untuk Go Green dengan menggunakan ‘Bio Shampoo’ dan sistem ‘water treatment’ yang re-useable dan sebagai bentuk paradigma One stop services di SPBU COCO.

Bright Oil

Merupakan Produk Kemasan dari Pertamina Persero yang dipasarkan melalui SPBU COCO, Pelumas Pertamina dipasarkan melalui SPBU COCO, Bright Oli Mart atau Bright Store yang dijual Produk Pelumas Pertamina 10 liter,5 Liter, 4 Liter, 1 Liter dan 0,8 Liter,LPG yang disediakan di SPBU COCO LPG 12 Kg dan 3 Kg, Pertamina Dex Kemasan 10 liter dan Refill, Kerosene Kemasan 5 Liter.

Property Management

Maksimalkan ruang dan lahan yang ada di setiap SPBU COCO dan menjadikannya sebagai salah satu sumber penghasilan bisnis Non-Bahan Bakar serta memberikan nilai tambah kompetitif bagi SPBU COCO, Perusahaan menawarkan usaha Manajemen Properti.

Hingga saat ini, mitra usaha telah memanfaatkan layanan ini untuk mendirikan restoran, kafe, pertokoan, kantor, agen perjalanan, tempat pencucian mobil, ATM, dan lain sebagainya.
Layanan Pertamina Retail. Meskipun hanya merupakan anak perusahaan, tetapi pertamina tetap memiliki layanan sendiri untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

Contoh layanan yang diberikan adalah Call Center 135 yang memberikan penawaran produk unggulan dengan layanan responsif serta proaktif.

Selain itu, pertamina retail juga menghadirkan layanan pusat atau one stop service, layanan yang menyediakan macam-macam produk kendaraan yang bisa diandalkan.

Gaji Karyawan Pertamina Retail 2021

Berikut ini adalah kisaran gaji karyawan pertamina retail di tahun 2021 di wilayah yang ada di Indonesia di berbagai posisi:

No.Jabatan/ PosisiRata-rata Gaji Per Bulan
1.AccountingRp 4,2 Jt
2.Administrasi KasirRp 3,0 Jt
3.Administrasi Unit SPBURp 2,8 Jt
4.Administration StaffRp 3,4 Jt
5.Assistant ManagerRp 10,0 Jt
6.Business StaffRp 4,0 Jt
7.Human Resources Development Intern MagangRp 2,1 Jt
8.Information Technology App DevelopmentRp 4,0 Jt
9.Intern MagangRp 1,9 Jt
10.Junior AnalystRp 4,0 Jt
11.Junior Staff / Account StaffRp 4,0 Jt
12.KoordinatorRp 8,0 Jt
13.Legal OfficerRp 6,0 Jt
14.ManagerRp 22,5 Jt
15.Operational AdministrationRp 2,5 Jt
16.OperatorRp 2,9 Jt
17.PramuniagaRp 2,0 Jt
18.Sales AttendantRp 2,9 Jt
19.Sales ExecutiveRp 3,0 Jt
20.Senior Losses and Control StaffRp 6,0 Jt
21.Senior StaffRp 6,0 Jt
22.Staf SPBURp 2,9 Jt
23.SupervisiorRp 6,0 Jt
24.SupervisorRp 8,6 Jt
25.Technical StaffRp 6,0 Jt
26.Treasury StaffRp 4,0 Jt
27.MIS ManagerRp 10 Jt
28.KoordinatorRp 9,0 Jt
29.EngineerRp 7,0 Jt
30.TeknikRp 5,0 Jt
31.Supply ChainRp 22,0 Jt
32.SAP Business AnalystRp 15,0 Jt
33.Project EngineerRp 6,0 Jt
34.Mechanical EngineeringRp 12,0 Jt
35.Reliability EngineerRp 19,0 Jt
36.Public RelationsRp 16,0 Jt
37.Budgeting and Cost ControlRp 15,0 Jt
38.ReceptionistRp 3,7 Jt
39.SecurityRp 3,0 Jt
40DriverRp 2,5 Jt
41.ArchitectRp 50,0 Jt
42.Procurement ManagerRp 45,0 Jt
43.General ManagerRp 75,0 Jt
44.Field ManagerRp 17,0 Jt
45.Planning ManagerRp 23,0 Jt
46.ManagerRp 15.,0 Jt
47.Drilling SupervisorRp 53,0 Jt
48.Deputy Branch ManagerRp 10,0 Jt
49.HRD Section HeadRp 23,0 Jt
50.Production SupervisorRp 16,0 Jt

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai gaji karyawan pertamina retail di tahun 2021 lengkap dengan profil penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Fokus :