Slip Gaji Dalam Bentuk Word Dan Contohnya

Diposting pada

Slip Gaji Dalam Bentuk Word Dan Contohnya – Slip gaji adalah suatu bentuk tanda bukti atas gaji atau pembayaran yang akan diterima bagi seorang pekerja. Adapun slip gaji ini sangat penting karena dapat memberikan kejelasan mengenai kisaran besar gaji yang ia terima dari sebuah perusahaan atau dimana tempat karyawan bekerja.

Slip Gaji Word
Slip Gaji Word

Komponen Slip Gaji

Gaji adalah penghasilan yang diterima oleh seseorang karyawan yang terdiri atas komponen penambah dan komponen pengurang :

  • Komponen penambah merupakan suatu bentuk penghasilan yang bersifat tambahan. Contohnya antara lain yaitu upah utama, tunjangan kehadiran, tunjangan tetap, upah lembur, dan bonus serta THR.
  • Komponen pengurang merupakan suatu bentuk penghasilan yang memberikan pengurangan atas gaji yang diterima oleh seorang pekerja. Contohnya yaitu berupa iuran BPJS, PPh 21, pinjaman karyawan, maupun pinalt atau denda.

Secara langsung kedua komponen tersebut  memberikan pengaruh pada total nominal akhir penghasilan yang akan didapatkan para karyawan dari perusahaan. Sehingga nantinya para karyawan bisa melihat semua data dan hasil pembayaran akhir mereka pada slip gaji tersebut.

Contoh slip gaji dari setiap perusahaan itu berbeda-beda, itu semua tergantung pada format yang mereka pakai. Adapun format slip gaji itu sendiri adalah dibentuk dari beberapa komponen yang nantinya dicantumkan ke dalam slip gaji.

Komponen Slip Gaji Dalam Bentuk Word

Mengenai beberapa komponen slip gaji itu, antara lain :

Nama perusahaan

Komponen awal dan wajib ada pada slip gaji yaitu namu perusahaan, instansi atau lembaga sebagai pihak yang mengeluarkan slip gaji tersebut. Hal tersebut yang akan menjadi poin atau cantuman keabsahan bahwa slip gaji tersebut memang dikeluarkan untuk para karyawan mereka dari suatu perusahaan.

Pernyataan kerahasiaan dokumen

Yang selalu menyangkut kerahasiaan slip gaji pada umumnya adalah kata “private and confidential”. Pernyataan tersebut mampu menunjukkan bahwa tidak semua orang diluar pihak yang terkait boleh mengetahui isi dari dokumen rahasia tersebut. Jadi slip gaji memang hanya dikeluarkan untuk orang yang bersangkutan saja.

Tanggal dilakukannya pembayaran serta data karyawan

Slip gaji yang sebenarnya juga tak lupt dari mencantumkan informasi berupa tanggal pembayaran gaji dan seputar data karyawan, seperti nama, nomor pegawai dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Keterangan besaran gaji dan rinciannya

Hal terakhir yang wajib tercantum dalam slip gaji perusahaan yaitu jumlah besaran gaji karyawan, lengkap dengan rinciannya seperti potongan maupun tambahan yang dikenakan kepada karyawan.

Slip gaji tersebut nantinya akan dicetak setiap bulan yang kemudian diberikan kepada karyawan sebagai tanda laporan tertulis. Tetapi ada juga perusahaan yang memakai slip gaji elektronik yang dapat di kirimkan ke masing- masing akun email karyawan.

Contoh Slip Gaji Dalam Bentuk Word

Berikut ini adalah Slip Gaji Dalam Bentuk Word Dan Contohnya:

Contoh Slip Gaji Dalam Bentuk Word

Demikianlah slip gaji dalam bentuk word beserta contohnya. Semoga bermanfaat!

Fokus :