Daftar UMR Banjarbaru Di Tahun 2021

Diposting pada

Daftar UMR Banjarbaru Terbaru Di Tahun 2021 – Kota Banjarbaru awalnya ditetapkan sebagai kota administratif yang mempunyai tiga wilayah, yaitu Kecamatan Banjarbaru, Kecamatan landasan Ulin dan Kecamatan Cempaka. Setelah itu Kota Banjarbaru ditetapkan menjadi daerah otonom dan mengalami dua kali pemekaran wilayah. Kecamatan Banjarbaru dipecah menjadi Kecamatan Banjarbaru Utara dan Kecamatan Banjarbaru Selatan, serta pemekaran Kecamatan landasan Ulin menjadi Kecamatan landasan Ulin dan Kecamatan Liang anggang.

UMR Banjarbaru Terbaru
UMR Banjarbaru Terbaru

Jika diperhatikan secara administratif maka Kota Banjarbaru terdiri dari 5 Kecamatan dengan 20 Kelurahan. Fungsi dari 5 Kecamatan tersebut adalah pusat pemerintahan yang juga menjadi pusat pertumbuhan di Kota Banjarbaru.

Kecamatan Banjarbaru merupakan kecamatan yang dinilai mempunyai perkembangan paling besar sebagai pusat pemerintahan provinsi, pelayanan umum dan sosial pelayanan pendidikan tinggi dan perdagangan dan jasa serta kawasan khusus militer.

Potensi Perekonomian Banjarbaru

Pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang terdapat di kota Banjarbaru meraih perhatian dari banyak pihak. Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) adalah salah satunya. Kota Banjarbaru dinilai mempunyai potensi yang luar biasa serta mempunyai banyak hal yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Perkembangan pembangunan ekonomi di Kota Banjarbaru diikuti dengan tingginya arus migrasi yang menyebabkan terjadinya perubahan yang besar terhadap perkembangan ruang fisik kota, terutama di kawasan pusat kota. Banyak yang awalnya berupa kawasan kosong tata ruang terbuka telah diubah menjadi kawasan komersial seperti perumahan.

UMR Banjarbaru Terbaru

Perkembangan ekonomi di Kota Banjarbaru bisa dilihat dari indikator struktur ekonomi pertumbuhan, ekonomi pendapatan perkapita, dan angka Produk Domestik Bruto, mulai dari dasar harga yang berlaku dan atas dasar konstan tingkat inflasi serta tingkat pengangguran terbuka.

Ditambah lagi SDM yang ada di kota Banjarbaru sudah sangat cukup dengan infrastruktur lain seperti digital dan lain sebagainya sehingga membuat kota Banjarbaru dijadikan sebagai acuan. Dengan demikian diharapkan bahwa perkembangan ekonomi yang ada di kota Banjarbaru semakin tumbuh secara merata. Pemerataan upah minimum atau UMR yang ada di kota Banjarbaru adalah salah satu bentuk pemerataan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Perkembangan UMR Banjarbaru

Daftar UMR Kota Banjarbaru dari tahun ke tahun:

NoTahunNilai
1.2021Rp. 2.877.448
2.2020Rp. 2.877.448
3.2019Rp. 2.651.781

UMR Banjarbaru 2021

Nilai UMR Kota Banjarbaru tahun 2021 tidak mengalami peningkatan dengan adanya keputusan dari Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/11/HK.04/X/2020 mengenai Penetapan Upah Minimum 2020 1 di masa pandemi COVID-19. Dengan kata lain nilai penetapan tersebut tetap pada Rp. 2.877.448.

Jumlah Upah Minimum tersebut dipertimbangkan karena adanya kerusakan perekonomian sosial. Tidak adanya kenaikan UMR dipercaya bisa memberi perlindungan dan keberlangsungan para pekerja atau buruh dan menjaga kelangsungan usaha agar tetap berjalan. Surat edaran ini diterbitkan untuk mendukung kebijakan keuangan negara dalam penanganan pandemi COVID-19 yang belum lahir dan menghadapi berbagai ancaman yang bisa membahayakan perekonomian dan menyelamatkan ekonomi nasional.

Penetapan UMR adalah kewenangan kepala daerah ditingkat provinsi. Beberapa provinsi di Indonesia juga tak sedikit yang tidak meningkatkan UMR karena adanya pandemi COVID-19. Dengan tidak adanya kenaikan UMR Kota Banjarbaru diharapkan para pekerja tidak terlalu kecewa dengan adanya pergejolakan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Para pekerja diharapkan menerima dengan lapang dada dengan adanya peraturan ini yang disesuaikan dengan UMK yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sebab hal ini berguna demi keberlangsungan usaha yang dikelola.

Demikianlah penjelasan mengenai UMR Banjarbaru 2021. Semoga bermanfaat!