UMR Bulungan 2021 Dan Perkembangannya

Diposting pada

UMR dan UMK Bulungan 2021 Dan Perkembangannya – Bulungan merupakan sebuah Kabupaten sekaligus menjadi tempat dimana ibu kota atau pusat pemerintahan dari Provinsi Kalimantan Utara. Tepatnya Kecamatan Tanjung Selor berada di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Jadi Tanjung Selor merupakan ibukota Kabupaten Bulungan.

UMR Kab. Bulungan terbaru
UMR Kab. Bulungan terbaru

Saat ini Tanjung Selor masih dipimpin oleh camat sehingga berstatus Kecamatan. Kendati demikian, mencuat wacana bahwa Tanjung Selor akan dijadikan sebagai sebuah kota yang diutarakan oleh pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dan disambut baik oleh Bupati Bulungan.

Potensi Perekonomian Bulungan

Penataan ruang wilayah di Kabupaten Bulungan termasuk di Tanjung Selor ingin mewujudkan sebagai pusat pemerintahan dan kegiatan ekonomi secara regional yang dimulai dari tahun 2019 hingga 2039. Tersebut disampaikan oleh Bupati Bulungan, H Sudjati, SH pada Rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam rangka pembahasan Rancangan Peraturan Daerah mengenai Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bulungan bersama Ditjen Tata Ruang Kementerian ART/BPN (Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertahanan Nasional.

Diharapkan dalam jangka waktu 20 tahun ke depan penataan ruang Kabupaten Bulungan dalam aktivitas revisi RTRW adalah hal yang penting atau mendesak sebab adanya perubahan mendasar terhadap pembangunan daerah yang mewajibkan dimulainya perubahan peruntukan ruang. Hal ini termasuk juga pembangunan Kota Baru Mandiri Tanjung Selor di kabupaten Bulungan sebagai ibukota atau pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara.

Setibanya di dalam pembangunan ini ada 7 sektor yang dinilai bisa menumbuhkan ekonomi Kabupaten Bulungan termasuk kecamatan Tanjung Selor yaitu pada perkebunan, pertambangan, pertanian, perikanan, hilirisasi industri, dan layanan atau jasa kota serta ekowisata.

Selain itu, Bulungan juga diharapkan menjadi pendorong perekonomian di kawasan perbatasan. Apalagi Tanjung Selor sudah dilirik oleh sejumlah investor untuk melangsungkan pengembangan di Bulungan. Oleh sebab itulah, Bulungan diarahkan agar bisa menjadi pusat pemerintahan dan pendukung kawasan ketahanan pangan beserta kawasan agroindustri yang produktif, lestari dan berjati diri.

UMR Bulungan 2021

Sesuai dengan aturan mengenai UMR yang ditetapkan pada 31 Oktober 2020, pengajuan terhadap upah minimum sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah. Bulungan berada di Provinsi Kalimantan Utara. Upah Minimum Provinsi (UMP) Kalimantan Utara tidak berubah dari tahun sebelumnya. Sehingga berdasarkan peraturan yang ada maka tidak ada kenaikan pada UMP Kalimantan Utara.

Penetapan ini berdasarkan hasil rapat bersama dewan pengupahan. Apa tersebut dilakukan agar menindaklanjuti dari hasil edaran Kementerian Tenaga Kerja. Sebenarnya sebelum keputusan itu ditetapkan, terdapat sejumlah pertimbangan yang dilakukan, baik itu dari Pemprov Kalimantan Utara ataupun dari Dewan Pengupahan. Salah satu pertimbangan yang paling kuat yaitu mengenai permasalahan yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia yang belum terselesaikan juga berpengaruh terhadap hampir di semua sektor.

Daftar UMK Bulungan Dari Tahun ke Tahun

berikut daftar perkembangan UMR Bulungan dari tahun ketahun:

TahunBesaran UMK Cimahi
2021Rp 1,961,085
2020Rp 1,961,085

Tidak sedikit yang menjadi variabel acuan seputar tidak naiknya UMP Kalimantan Utara. Pemerintah pusat juga telah berkoordinasi dalam penetapan UMP dengan beberapa stakeholder terkait. Mulai dari perusahaan dan lain sebagainya. Walaupun beberapa perusahaan masih bisa berjalan dengan lancar, tetapi usaha bertahan di tengah pandemi COVID-19 sangatlah tidak mudah.

Dengan demikian, para pekerja harus bisa menerima bahwa UMR Bulungan tahun 2021 juga tidak meningkat. Pemprov Kalimantan Utara menganggap bahwa lebih penting terus memberikan gaji daripada meningkatkan gaji. Jadi UMR Bulungan 2021 tidak meningkat jumlahnya yaitu Rp. 3.109.313, dimana nilai tersebut sama dengan UMK Bulungan.

Demikianlah Artikel mengenai UMR Bulungan tahun 2021. Semoga bermanfaat!