Perkembangan UMR Samarinda 2021

Diposting pada

Perkembangan UMK dan UMR Samarinda 2021 – Samarinda adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Timur yang lokasinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Samarinda merupakan salah satu dari banyaknya kabupaten yang ada diprovinsi Kalimantan Timur. Kota Samarinda juga merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, dan digolongkan sebagai kota dengan jumlah penduduk terrbesar di seluruh kepulauan kalimantan.

UMR Samarinda Terbaru
UMR Samarinda Terbaru

Kota Samarinda memiliki 10 kecamatan dan 59 kelurahan dengan jumlah penduduk yang mencapai 825.949 jiwa (2021). Samarinda merupakan pusat dari provinsi kalimantan Timur. Kota Samarinda sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Timur memiliki luas wilayah sebesar 718,23 KM2.

Dengan luas wilayah yang mumpuni inilah yang menjadi faktor utama tersedianya berbagai kegiatan baik industri maupun usaha lainnya di Samarinda. Hal ini juga menjadi alasan mengapa Samarinda memiliki jumlah pendatang baru lumayan banyak setiap tahunnya.

Potensi Perekonomian Kota Samarinda

Dengan total kecamatan yang terdapat di Samarinda kemudian muncullah keharusan yang menjadi prioritas setiap kecamatan terhadapt program pembangunan pada sektor jasa (khususnya jasa retail), property dan industri pengolahan.

Tak hanya itu, Samarinda juga memiliki banyak sumberdaya Alam lainnya seperti peternakan, perikanan darat dan pertambangan. Namun, dikatakan bahwa sektor yang lebih dominana dalam menunjang perekonomian daerah terletak pada jasa dan perdagangan, pertanian, perkebunan (sawit dan aneka tanaman lainnya), industri perkapalan , batubara dan sektir lainnya.

Banyaknya Sungai yang melintas di Kota Samarinda memberikan dampak yang berpengaruh cukup besar dalam perkembangan kota. Ditambah dengan adanya dukungan dari pemerintah maupun SDM yang ada menjadikan samarinda semakin maju dan menjadi pusat perekonomian terpenting di Kaimantan Timur.

Samarinda yang berada pada posisi dan kedudukan yang cukup strategis bagi berbagai kegiatan industri, perdagangan dan jasa, serta permukiman yang berwawasan lingkungan dan hijau.

Daftar Perkembangan UMR Samarinda Dari tahun Ketahun

Adapun Daftar UMK Kota Samarinda dari tahun ke tahun sebagai berikut :

NoTahunJumlah
1 2016Rp 2.256.056.
22017Rp 2.442.180,62.
32018Rp 2.654.894.
42019Rp 2.868.081
52020Rp 3,112,156
62021Rp 3,112,156

Pemberian upah kepada para karyawan ini baik mengenaik kenaikan maupun penurunan sudah diterapkan oleh pemerintah dengan mempertimbangkan berbagi hal dan kondisi yang sedang terjadi.

UMR Samarinda Tahun 2021

Pada tahun 2021, akibat adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) inilah yang menyebabkan tidak ada penaikan UMK ditahun ini. Ketidakstabilan antara pendapatan berbagai perusahaan atau industri dan Kesulitan perekonomian yang ditimbulkan wabah corona tersebut turut menjadi alasan terbesarnya.

Banyaknya para pendatang baru didalam perindustrian dan dunia kerja pada tahun ini, membuat para penerima jasa kerja sedikit kesulitan apalagi mengenai gaji yang akan diberikan. Penaikan UMK akan dipertimbangkan lagi seiring membaiknya keadaan perekonomian dunia.

Tidak ada penaikan UMK di samarinda dikatakan sebagai bentuk dari sagala upaya dalam. Menjaga kelangsungan para pekerja maupun kelangsungan usaha bagi perusahaan/pengusaha. UMK ini terdiri dari upah pokok para pekerja dan tidak tunjangan tetap.

Berbagai perundingan turut dipaparkan guna membuat sebuah keputusan yang bijaksana sesuai dengan keadaan yang berlaku, besarnya UMK dipertimbangkan melalui berbagai hal seperti upah minimum tahun berjalan, inflasi, maupun pertumbuhan produk domestik bruto. Kebutuhan hidup layak (KHL) para pekerja turut menjadi sebuah pertimbangan penetapan UMP.

Demikian penjelasan mengenai UMK Samarinda dari tahun ke tahun, semoga bermafaat!