UMR Semarang 2021 Terbaru, Ini Ulasannya

Diposting pada

UMR Semarang 2021 Terbaru – Semarang merupakan ibukota Jawa Tengah dan kota metropolitan terbesar ke lima yang ada di Indonesia. Setelah Jakarta, Surabaya, Medan serta Bandung.

Kota Semarang juga menjadi salah satu kota yang memiliki tingkat perekonomian yang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dengan jumlah penduduk kurang lebih 2,5 juta orang.

Logo Pemkot Semarang (UMR Semarang 2021)
Logo Pemkot Semarang

Semarang ini menjadi salah satu kota yang cukup penting karena berada di pesisir utara jawa. Bahkan menjadi penghubung kota Jakarta dan Surabaya serta kota-kota pedalaman yang ada di Jawa. Semarang sendiri memiliki wilayah dengan dataran yang sempit dan rendah dengan dihiasi adanya pegunungan.

Lantas bagaimana hubungan antara UMR dengan perekonomian warga Semarang?

Hubungan Perekonomian Dengan UMR Di Semarang

Bagi anda yang merupakan seorang karyawan, tentu sudah menjadi kewajiban tersendiri untuk mengetahui berapa besaran UMR tiap-tiap daerah termasuk di Semarang ini bukan? Perekonomian di Semarang sendiri dipengaruhi dengan adanya perdagangan dan bisnis.

Menurut data dari BPS 2012 sila, PDRB kota Semarang atas harga berlaku sendiri bisa mencapai angka Rp 54,38 triliun.

Dari tahun ke tahun tingkat perekonomian di Semarang memang selalu mengalami pertumbuhan yang cukup baik, termasuk dengan adanya jumlah migrasi yang semakin meningkat, angka pengangguran yang cenderung mengalami penurunan dengan hadirnya banyak lapangan pekerjaan. Bahkan sudah bisa disejajarkan dengan kota Jakarta dan Surabaya.

Keberhasilan perekonomian di Semarang juga ditandai dengan danya banyak gedung-gedung pencakar langit yang hampir tersebar di seluruh Kota Semarang mulai dari pusat perkantoran hingga apartemen.

Untuk wilayah gedung pencakar langit ini bisa anda temukan di Semarang pusat. Selain itu keberhasilan perekonomian tersebut juga ditandai dengan adanya kesejahteraan para buruh atau pekerja.

Upah sendiri hingga saat ini menjadi salah satu permasalahan klasik yang ada di Indonesia termasuk di Semarang ini. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya buruh menuntut adanya kenaikan upah minimum di Semarang.

UMR sendiri merupakan upah minimum regional yang mana sistemnya telah diatur ke dalam UU nomor 13 tahun 2003 silam.Dengan adanya kenaikan upah minimum inilah dipercaya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di Semarang.

Berikut Tabel Lengkap UMR Semarang tiap tahunnya:

NoTahunNilai
1UMR Semarang 2021Rp 2.810.025,00
2UMR Semarang 2020Rp 2.715.000,00
3UMR Semarang 2019Rp 2.498.587,53
4UMR Semarang 2018Rp 2.310.087,50
5UMR Semarang 2017Rp 2.125.000,00
6UMR Semarang 2016Rp 1.909.000,00

Penetapan UMR Semarang 2021

Besaran UMR Semarang 2021 telah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Tengah. Mirip dengan di daerah lain di Jawa Tengah, Kota Semarang mengalami peningkatan. Gubernur Jawa Tengah mengatakan telah terjadi peningkatan UMK di 35 kabupaten/kota, termasuk Kota Semarang. Peningkatan untuk 35 kabupaten atau kota bervariasi dari 0,75 persen menjadi 3,68 persen.

Peningkatan UMR ini tidak seperti pada tahun-tahun bisanya, dikarenakan dalam masa pandemi Covid-19. Dari dampak itu juga, November 2020 Kota Semarang mengalami inflasi sebesar 0,13 persen yang mempengaruhi penetapan UMR Semarang tahun 2021.

Penetapan UMR Semarang 2020

Menjelang akhir tahun, biasa setiap kota akan membahas mengenai kenaikan upah minimum termasuk di Semarang ini. Penetapan ini tentunya sudah berdasarkan keputusan dari Gubernur Jawa Tengah juga dan sudah terlampir dalam keputusan gubernur Jateng di tahun 2019.

Untuk UMR Semarang 2020 sendiri mencapai Rp 2,715,000,00. Jumlah tersebut tentunya sudah berdasarkan beberapa hal seperti telah mempertimbangkan tingkat biaya hidup sebulan bagi para pekerja di kota ini.

Tak bisa dipungkiri jika mendapatkan upah sesuai dengan nilai yang telah ditetapkan menjadi keinginan bagi para pekerja termasuk mereka yang ada di Semarang.

Dampak Upah Minimum Terhadap Para Pekerja Di Semarang

Dengan adanya kenaikan UMR memang mampu memberikan dampak positif untuk para karyawan atau buruh. Dampak positif tersebut diantaranya adalah mereka akan mendapatkan tingkat perekonomian yang mengalami peningkatan, mereka bisa mencukupi kebutuhan selama sebulan dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk dampak negative, adanya kenaikan UMR ini ternyata bisa mempengaruhi harga barang yang semakin naik hingga yang paling parah adanya terjadinya PHK dimana-mana atau pemutusan hubungan kerja.

Bagi kota yang tidak mematuhi aturan ini maka cepat atau lambat juga akan segera diproses secara hukum bahkan diberikan sanksi khusus.

Pengupahan di Indonesia termasuk kenaikan UMK Semarang memang menjadi hal yang tidak akan pernah ada habisnya. Masyarakat selalu menginginkan hidup layak dimana sesuai dengan standar.

Dengan mengetahui UMR Semarang, anda bisa mempertimbangkan untuk kerja di kota ini.