Kenaikan UMR Solo 2021, Wajib Anda Baca

Diposting pada

Kenaikan UMR Solo 2021, Wajib Anda Baca – Siapa yang tidak kenal dengan kota yang satu ini? Ya, Solo menjadi salah satu tujuan favorit bagi banyak orang yang ingin mendapatkan pekerjaan. Kota yang dikenal dengan sebutan Surakarta ini menjadi salah satu Kota di Jawa Tengah.

Kota ini memiliki pusat-pusat perekonomian yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi, kota ini juga berbatasan dengan kabupaten Karanganyar, Boyolali di sebelah utara, Sukoharjo di sebelah barat.

Apakah anda tertarik untuk mendapatkan pekerjaan di kota ini? Jika demikian, anda memang membutuhkan informasi mengenai UMR Solo terbaru. Pemerintah kota Solo sendiri telah mengatakan jika UMR solo akan mengalami peningkatan dimana sudah disesuaikan dengan kebutuhan hidup layak di Solo.

"Logo

Bagaimana pengaruh kenaikan UMR Solo terhadap perekonomiannya

Faktor penting yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kota Solo adalah adanya peningkatan UMR atau Upah minimum regional. Di solo sendiri, industry batik menjadi salah satu bisnis yang juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di Solo.

Setra batik di Solo sendiri bisa anda temukan di Pasar Klewer ataupun di kawasan Laweyan dan Kauman. Ini merupakan daerah perdagangan batik terbesar yang ada di Solo.

Untuk pusat bisnisnya berada di sepanjang Jalan Slamet Riyadi dimana anda bisa menemukan beberapa kawasan Bank, pusat perbelanjaan, hotel, restoran bergaya internasional hingga tujuan wisata. Selain itu, di beberapa kawasan di Solo juga terdapat pabrik dan perusahaan-perusahaan besar yang menjadi tujuan favorit para pencari pekerjaan.

Seperti yang telah diulas sebelumnya, untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakatnya maka salah satu cara yang bisa diambil adalah dengan meningkatkan perekonomian yang ada didaerah tersebut. Sama seperti di daerah lainnya, gaji menjadi salah satu masalah yang memang akan selalu muncul terutama dalam ketenagakerjaan yang ada di Indonesia.

Bagi para pekerja upah memang diharapkan mampu mencukupi kebutuhan hidup mereka sehari-hari sehingga kenaikan UMR ini sangat diharapkan oleh siapapun. UMR sendiri memang bisa meningkatkan kesejahteraan bagi para buruh.

Tetapi tidak jarang adanya kenaikan UMR ini ternyata juga akan membuat para perusahaan mengalami dilema karena biaya produksi dijamin akan mengalami peningkatan yang drastic.

Berikut Tabel Lengkap UMR Solo tiap tahunnya:

NoTahunNilai
1UMR Solo 2021Rp. 2.013.810,00
2UMR Solo 2020Rp 1.956.000,00
3UMR Solo 2019Rp 1.802.700,00
4UMR Solo 2018Rp 1.668.700,00
5UMR Solo 2017Rp 1.534.985,00
6UMR Solo 2016Rp 1.418.000,00

Penetapan UMR Solo 2021

UMR kota solo tahun 2021 ada kenaikan 2,945 persen dibanding tahun sebelumnya. Dengan kenaikan tersebut maka angka UMK per 1 Januari 2021 sebesar Rp. 2.013.810,00. Semoga UMR Solo bisa terlaksana dengan baik sesuai regulasi, meski kondisi perekonomian seperti ini yang sedang mengalami Pandemi Covid-19.

Dengan biaya ini, maka diharapkan para buruh sudah memenuhi kebutuhan biaya hidupnya yang mencakup bayar kos, transportasi, makan hingga kebutuhan penting lainnya.

UMR ini juga tidak bisa dibandingkan dengan UMR yang ada di kota Semarang karena jelas Semarang menawarkan biaya hidup yang lebih tinggi .

Penetapan UMR Solo 2020

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Nomor B-m/308/HI.01.00/X/2019 pada tanggal 15 Oktober 2019, tentang Penyampaian Data Tingkat Inflasi Nasional dan Pertumbuhan Produk Domestik Bruto Tahun 2019, kenaikan UMP 2020 akan berlaku di 34 provinsi di Indonesia.

UMR kota solo di tahun 2020 sendiri adalah sebesar Rp 1.956.000. Dengan biaya ini, maka diharapkan para buruh sudah memenuhi kebutuhan biaya hidupnya yang mencakup bayar kos, transportasi, makan hingga kebutuhan penting lainnya.

UMR ini juga tidak bisa dibandingkan dengan UMR yang ada di kota Semarang karena jelas Semarang menawarkan biaya hidup yang lebih tinggi .

Dampak UMR Solo bagi para pekerja

Aturan penetapan UMR itu sendiri berdasarkan dari peraturan pemerintah nomor 78 tahun 2015. Peraturan ini mengenai pengupahan dimana UMK tahun berjalan akan dikalikan dengan adanya angka pertumbuhan ekonomi ditambah dengan angka inflasi.

Umumnya ada dampak positif dan negative atas adanya kenaikan UMR yang ada saat ini. Untuk dampak positif tentu kenaikan UMR ini akan mempengaruhi tingkat perekonomian masyarakat yang ada di kota Solo.

Mereka juga memiliki daya beli yang lebih bagus untuk memenuhi kebutuhan penting mereka bahkan bisa menghilangkan adanya kesenjangan pendapatan di Solo.

Tetapi di sisi lain, adanya kenaikan UMR ini tentu akan memberatkan perusahaan karena mereka harus meningkatkan adanya biaya produksi. Bahkan dampak yang lebih parah lainnya jika pekerja terus menuntut kenaikan upah adanya banyak pekerja yang di PHK.

Informasi ini terkait:

umr solo, gaji umr solo, Brp umk solo, umr solo tahun 2021