Daftar UMR Kota Tangerang Selatan Hingga 2022

Diposting pada

Rincian UMR Kota Tangerang Selatan 2021 – Struktur ekonomi Tangerang Selatan didominasi oleh sektor lapangan usaha pengangkutan, komunikasi, perdagangan hotel dan restoran. Sektor lain yang juga memberikan kontribusi cukup besar adalah jasa-jasa dan bank, persewaan dan jasa perusahaan.

Lima sektor lain masing-masing memberikan kontribusi yang signifikan. Struktur ekonomi tersebut menunjukkan bahwa perekonomian Tangerang Selatan didominasi oleh sektor tersier, yaitu pengangkutan dan komunikasi, perdagangan hotel dan restoran, jasa-jasa dan bank, persewaan dan jasa perusahaan.

Oleh sebab itu Kota  ini mampu menetapkan Upah Minimum ditahun 2021 secara mandiri.

Logo Pemkot Tangerang Selatan
Logo Pemkot Tangerang Selatan

UMK Kota Tangerang Selatan 2021

Untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja, Pemerintah Kota Tangerang Selatan akhirnya menetapkan besaran UMR Kota Tangerang Selatan 2021 sebesar Rp. 4.230.792,65. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 1,5 persen dari besaran Upah Minimum Kota Tangerang Selatan 2020 yang berlaku di tahun sebelumnya.

UMR Kota tangerang Selatan 2021
UMR Kota tangerang Selatan 2021

UMK Kota Tangerang Selatan 2020

Besaran kenaikan Upah Minimum Kota Tangerang Selatan 2020 ditetapkan sesuai dengan besaran kenaikan UMP yang diberlakukan oleh pemerintah pusat. Seperti yang telah kita ketahui bersama di akhir Tahun 2019 yang lalu. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia telah menetapkan besaran kenaikan UMK di Indonesia sebesar 8,51 persen.

Besaran kenaikan UMK tersebut dihitung berdasarkan besaran inflasi total yang terjadi sepanjang Tahun 2019. Dengan kenaikan gaji sebesar itu, harapannya, tenaga kerja di Indonesia tidak akan mengalami kesulitan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan pokok sehari – hari mereka.

Sama seperti halnya kota yang lainnya, UMR Kota Tangerang Selatan 2020 sudah mulai diberlakukan secara efektif sejak tanggal 1 Januari 2020 yang lalu. Hanya saja, dalam penerapannya, Upah Minimum Kota Tangerang Selatan 2020 tersebut tidak serta merta langsung diterapkan di seluruh wilayah Kota Tangerang Selatan.

Nantinya, besaran angka Upah Minimum Provinsi Banten tersebut masih akan disesuaikan dan digodok kembali untuk dikerucutkan menjadi Upah Minimum Kabupaten dan Kota / UMK Banten 2020. Dengan begitu, nantinya besaran Upah Minimum di setiap Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Banten akan berbeda – beda.

UMR Kota Tangerang Selatan

Meskipun ditetapkan berbeda – beda, besaran Upah Minimum Kota Tangerang Selatan nantinya tetap tidak boleh lebih rendah dari besaran UMP yang telah ditetapkan oleh Pemprov Banten.

Dalam hal ini, besaran upah untuk setiap tenaga kerja baru dengan masa kerja kurang dari satu tahun di seluruh wilayah Provinsi Banten tidak boleh lebih rendah dari Rp2.460.996,54 rupiah yang sesuai dengan UMR Banten 2021

Berikut ialah besaran UMR Kota Tangerang Selatan 2021 – 2015 :

[table id=20 /]

Besaran angka tersebut adalah untuk waktu kerja normal selama 40 jam dalam seminggu. Jadi, jika nantinya waktu kerja mingguan yang ditetapkan oleh perusahaan melebihi 40 jam. Maka perusahaan tersebut diwajibkan untuk membayar uang lembur atau pun gaji tambahan.

Dengan diberlakukannya peraturan tersebut, nantinya setiap perusahaan yang beroperasi di Kota Tangerang Selatan diwajibkan untuk membayar gaji karyawan mereka sesuai dengan angka tersebut. Dan diharapkan nantinya perusahaan mematuhi peraturan yang ada mengenai Upah Minimum Kabupaten Kota Tangerang Selatan.