Inilah Gaji Youtuber Pemula 2021, Harus Memenuhi Syarat!

Diposting pada

Inilah Gaji Youtuber Pemula, Harus Memenuhi Syarat! – Kini youtuber memang sudah menjadi salah satu profesi yang cukup menggiurkan sehingga banyak diidam-idamkan oleh banyak orang. Bukan hanya bisa terkena melalui YouTube, tapi orang yang mempunyai profesi sebagai youtuber juga bisa menghasilkan uang dari platform tersebut.

Gaji Youtuber Pemula
Gaji Youtuber Pemula

Lantas apakah kamu mengetahui gaji yang didapatkan dari profesi ini? Mungkin banyak yang bertanya berapa sih kira-kira gaji youtuber pemula, khususnya jika kamu memang mau terjun ke profesi ini.

Syarat Menjadi Youtuber Bagi Pemula Tahun 2021

Sebelum mendapat uang dari YouTube, tentu saja kamu harus memenuhi sejumlah syarat. Syarat itu seperti mempunyai subscriber paling sedikit 1000 dengan jam tayang selama 4000 jam.

Namun hitungan pendapatan gaji dari seorang youtuber pemula yang sudah mempunyai 1000 subscribers juga tergantung terhadap banyaknya viewer sampai berapa banyak orang yang sudah klik iklan di video yang tayang di kanal YouTube. Jadi, tidak semua youtuber pemula mempunyai pendapatan yang sama.

3 Pihak Penggaji Para Youtuber

Sebenarnya gaji youtuber juga bisa didapatkan dari 3 pihak. Yaitu langsung dari perusahaan YouTube. Melalui pihak ketiga atau perusahaan komersial yang mau produk bisnisnya diiklankan di YouTube atau yang bisa disebut dengan YouTube ads dan afiliasi marketing.

Serta melalui penjualan barang atau jasa yang dijual baik itu miliknya atau dengan seseorang yang sudah menyepakati produknya dijadikan postingan pada konten YouTube yang biasa disebut dengan endorsement.

Cara Menghitung Gaji Youtuber Pemula

Jika menghitung gaji melalui YouTube ads yaitu dengan cara cost per mile (CPM dan cost per click (CPC). CPM adalah pendapatan uang yang diraih dari setiap 1000 penayangan iklan dalam video yaitu sebanyak 7 ribu rupiah pertayangan iklan.

Berapa Gaji Youtuber Bagi Pemula
Berapa Gaji Youtuber Bagi Pemula

Sedangkan CPC bisa diraih pada saat terdapat orang mengklik iklan yang sedang tayang di dalam video kamu. Nah sekali klik untuk 1 orang kamu bisa dibayar senilai 5 ribu rupiah sampai 12 ribu rupiah.

Namun dengan syarat seperti yang dijelaskan sebelumnya yaitu dengan mempunyai paling sedikit 1000 subscribers dalam 1 tahun terakhir, serta video yang diunggah telah ditonton selama 4000 jam dalam satu tahun.

Kemudian perhitungan gaji youtuber yang melalui metode affiliate marketing, yaitu dengan mendapatkan 0,1% sampai 10% dari harga produk yang berhasil dijual.

Gaji YouTubers Pemula, 1000 Subscribers Menurut Social Blade Tahun 2021

Untuk gambaran supaya kalian mengetahui berapa pendapatan atau gaji youtuber pemula. Cara tersebut dengan melihat estimasi gaji yang didapatkan oleh kanal YouTube yang bernama Mobile Legends: Anti Hero.

Kanal YouTube tersebut sudah mempunyai lebih dari 1000 subscriber dengan jam tayangnya mencapai 61 ribu jam. Kanal ini juga mempunyai 31 video dikenal YouTube miliknya.

Setelah dilihat dari Social Blade, YouTube tersebut paling tidak mendapatkan kemungkinan untuk meraih gaji sebesar 15 US dolar hingga 240 US dolar per bulannya. Jadi apabila dirubah ke dalam bentuk rupiah, dia bisa mendapatkan sekitar 222 ribu rupiah hingga 3,5 juta rupiah.

Yang pastinya pendapatan tersebut bergantung dengan jumlah view yang dapat didapatkan dari akun itu. Jadi gaji yang diraih oleh seorang YouTubers juga pasti berbeda.

Semakin banyak subscribers, viewers dan jam tayang, tentunya pendapatan youtuber semakin meningkat. Apalagi jika kamu sudah mendapatkan jutaan subscribers dan viewers pasti kamu bisa mendapatkan gaji yang fantastis seperti Atta Halilintar atau Ria Ricis yang mempunyai puluhan juta subscribers.

Demikianlah gaji yang didapatkan oleh youtuber pemula. Apakah kamu juga minat menggeluti profesi tersebut?