Perkembangan UMR Maluku Hingga Tahun 2021

Diposting pada

Perkembangan UMR dan UMP Maluku Hingga Tahun 2021 – Sejak zaman dahulu, kepulauan Maluku terkenal sebagai salah satu daerah penghasil rempah-rempah di Indonesia. Apa lagi kepulauan Maluku kaya dengan etnik dan budaya yang beragam serta Maluku juga dinilai sebagai tempat yang sangat menarik bagi pelancong karena memiliki berbagai objek wisata berupa wisata alam dan peninggalan sejarah.

UMR Maluku Terbaru
UMR Maluku Terbaru

Dulunya Maluku pernah dikuasai oleh Portugis, Spanyol dan Belanda karena kekayaan rempah-rempah nya. Itulah mengapa sejak dulu dunia internasional mengenai Maluku sebagai “Spice Island” atau pula rempah-rempah karena daerah tersebut merupakan surganya bagi penghasil cengkeh dan pala.
Bahkan Maluku bisa dikatakan sebagai salah satu provinsi tertua di dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Secara administratif, provinsi Maluku terbagi menjadi 2 kota d 9 Kabupaten, 118 Kecamatan 33 Kelurahan dan 1198 desa.

Potensi Perekonomian Maluku

Seperti yang di sini sebelumnya bahwa Maluku terkenal sebagai salah satu daerah penghasil rempah-rempah. Itulah mengapa Maluku juga menjadi daerah kepulauan yang diincar oleh banyak investor karena melihat kekayaan akan potensi alamnya.

Paling tidak Maluku mempunyai lima sektor yang yang diincar oleh para investor yaitu sektor pertanian, sektor perikanan dan kelautan, sektor ekonomi dan migas serta sektor pertambangan. Kendati demikian, potensi yang dimiliki oleh kepulauan Maluku harus ditata ulang.

Hal ini disebabkan proses penangkapan dan penjualan ikan tidak dilakukan di Maluku namun di daerah luar begitupun juga pembangunan perusahaan. Hal ini menyebabkan pemerintah daerah tidak mempunyai kontribusi yang cukup. Kelima sektor tersebut yang Maluku punya dikagumi dan dilirik oleh investor, namun sayangnya di bidang perikanan masih harus ditata ulang oleh pemerintah supaya masyarakat Maluku memiliki kontribusi dari hasil yang dimiliki kedepannya.

Belum lagi di Maluku, terdapat hal yang dianggap sebagai penghambat masuknya investor seperti permasalahan lahan, tidak tersedianya infrastruktur yang menunjang dan ditambah lagi informasi yang kurang serta kajian mengenai peluang. Selain itu, prospek investasi dan ketersediaan energi listrik di Maluku juga sampai sekarang masih menjadi permasalahan. Itulah sejumlah kendala yang pemerintah hadapi mengenai potensi perekonomian di Maluku termasuk masalah regulasi yang Perlu diperbaiki untuk mempermudah iklim investasi.

Permasalahan tersebut diharapkan segera dapat mendapatkan solusi terbaik agar potensi perekonomian di Maluku bisa berkembang sehingga memperkuat daya saing industri serta pelestarian dan perlindungan terhadap sumber daya alam dan lingkungannya. Dengan ini juga diharapkan perkembangan ekonomi yang ada di Maluku tumbuh secara merata.

Daftar UMR Maluku Dari Tahun Ke Tahun

Berikut daftar UMR/UMP Maluku dari tahun ketahun:

NoTahunNilai
1.2021Rp. 2.604.960
2.2020Rp. 2.604.960
3.2019Rp. 2.400.664
4.2018Rp. 2.222.220

UMR Maluku 2021

Dapat dilihat bahwa UMP (Upah Minimum Provinsi) Maluku tahun 2021 tidak meningkat dari tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp. 2.604.961. Penetapan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku.

Keputusan ini dipengaruhi dan ditetapkan berdasarkan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan di masa pandemi COVID-19. Adapun Surat Edaran tersebut meminta agar gubernur melakukan penyesuaian terhadap penetapan nilai upah minimum di tahun 2002 1 agar nilai upahnya sama pada tahun 2020. Penetapan ini bukan hanya terjadi di Maluku tetapi hampir di semua provinsi di Indonesia.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mempertimbangkan situasi perekonomian negara Indonesia yang tidak stabil di masa pandemi COVID-19. Ini juga hasil pertimbangan karena tak sedikit perusahaan yang pada akhirnya terpaksa mem-PHK atau merumahkan tenaga kerja karyawan nya karena pendapatan perusahaan yang berkurang akibat dampak pandemi COVID-19.

Demikianlah hasil UMR Maluku tahun 2021. Semoga bermanfaat!