Beberapa Contoh Slip Gaji Guru Ada di Sini

Diposting pada

Contoh Slip Gaji Guru – Apabila anda kebetulan yang berkecimpung di dunia pendidikan, baik itu bekerja di sekolah sebagai guru, karyawan atau staf tata usaha contohnya, pastinya Anda sudah tidak asing dengan slip gaji.

Slip gaji ini bisa dibilang merupakan salah satu dokumen yang sangat penting yang nantinya diterima oleh karyawan ataupun tenaga kerja pendidik di setiap penerimaan gaji.

Contoh Slip Gaji Guru
Contoh Slip Gaji Guru

Format Slip Gaji Guru Dan Karyawan

Sebenarnya format gaji karyawan ataupun pekerjaan lainnya seperti guru tidak jauh berbeda. Hanya terletak perbedaan di dalam komponen yang disertakan di dalam slip gaji nya saja. Karena hal itu disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, perusahaan atau instansi maupun karyawan itu sendiri.

Walaupun mungkin terdengar mudah, tak jarang masih banyak yang belum mengerti Bagaimana cara membuat slip gaji untuk guru. Baik itu guru dijenjang SMA, honorer, PAUD, dan lain sebagainya.

Maka dari itulah pembahasan kali ini mengulas seputar slip gaji khusus guru, sebelum akhirnya anda akan di berikan contoh slip gaji untuk guru.

Slip gaji sendiri sebenarnya adalah dokumen sebagai bukti resmi penerima gaji yang diperoleh dari pemberi gaji atau instansi untuk pegawainya. Dokumen slip gaji tersebut terdiri dari beberapa bagian tertentu yang terperinci, seperti gaji pokok, gaji bersih, potongan dan pinjaman apabila ada, dan gaji bersih.

Sebagai Bukti Pembayaran Gaji

Awalnya tidak ada peraturan yang membahas tentang kewajiban untuk memberikan slip gaji kepada karyawannya. Tetapi pada Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia No. 78 Tahun 2005 mengenai pengupahan, disebutkan bahwa perusahaan diwajibkan memberikan bukti pembayaran gaji, yang mana di dalamnya berisi seputar informasi mengenai gaji yang diterima pada saat upah dibayarkan.

Peraturan tersebut dibuat supaya tidak memunculkan perbedaan persepsi terhadap jumlah gaji dan rinciannya antara perusahaan dan karyawan. Dokumen tersebut juga bisa dijadikan sebagai dokumen bukti otentik bahwa hak dari setiap karyawan sudah diberikan oleh perusahaan.

Karena itulah perusahaan, instansi termasuk sekolah memberikan slip gaji kepada pegawainya baik itu bentuk fisik ataupun nonfisik atau secara digital.

Isi Contoh Slip Gaji Guru

Sebagai contoh slip gaji guru mempunyai isi antara lain:

Informasi umum

Informasi ini menyatakan nama perusahaan atau sekolah, alamat sekolah, hingga nomor telepon sekolah. Selain itu ada juga informasi seputar departemen tempat kita bekerja. Biasanya informasi umum tersebut diletakkan di bagian kop atau paling atas dari slip gaji.

Periode gaji

Biasanya tiap sekolah mempunyai tanggal gaji yang berbeda-beda. Jadi pada gaji pada setiap juga akan berbeda.

Data pribadi karyawan

Data tersebut menyertakan nama, KIP dan alamat.

Informasi pajak

informasi tersebut menunjukkan keseluruhan pajak umum yang telah dibayarkan secara otomatis akan dikurangi dari pajak bulanan.

Nominal penghasilan

Pada slip gaji nominal dari penghasilan setiap karyawan bisa terlihat. Semua penghasilan akan ditulis secara rinci seperti gaji pokok, bonus, dan pencapaian lainnya.

Potongan

Biasanya pihak sekolah akan mencantumkan besaran potongan atau pinjaman yang dilakukan oleh guru terhadap pihak koperasi.

Gaji bersih

Gaji bersih ini merupakan keseluruhan yang diberikan oleh sekolah pada guru. jadi apabila sekolah mempunyai rincian lain yang belum disebutkan maka perlu dicantumkan pada kategori lain.

Nah setelah Anda mengetahu berbagai hal dengan slip gaji, berikut ini adalah contoh slip gaji dari profesi guru:

Contoh Slip Gaji Guru Docx
Contoh Slip Gaji Guru Docx

 

 Slip Gaji Guru
Slip Gaji Guru