Daftar Gaji PNS 2021, Penasaran?

Diposting pada

www.upahminimum.com – PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Bekerja sebagai seorang PNS sering kali dianggap sebagai posisi yang aman dan terjamin. Terlebih terlihat dari daftar gaji PNS 2021/2020 yang diterima juga terbilang cukup besar.

Daftar Gaji PNS 2021, Daftar Gaji PNS 2020 dan Golongannya - Ilustrasi
Daftar Gaji PNS 2021 dan Golongannya – Ilustrasi

Nah, berbicara mengenai PNS pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai daftar gaji PNS.

Daftar Gaji PNS 2021

Mulai 1 Januari, gaji PNS dan pensiunan bakal full alias utuh. Pemerintah memastikan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak akan berubah tahun 2021. Artinya, gaji akan diberikan secara penuh tanpa pemotongan meski terjadi pandemi Covid-19.

Pemerintah positif mengenai Gaji pns pada tahun 2021, hal tersebut dengan pemberian hak Gaji Pegawai Negeri Sipil. Berikut ini kami sajikan Daftar gaji pns 2021 berdasarkan Golongan dan Jabatan.

 

Gaji PNS 2021 dan 2020 Golongan I
Gaji PNS 2021 Golongan I
Golongan II
Gaji PNS 2021 Golongan II
Golongan III
Gaji PNS 2021Golongan III
Golongan IV
Gaji PNS 2021 Golongan IV

Daftar Gaji PNS 2020

Perubahan atau kenaikan upah pada tahun 2020 tunduk pada Peraturan Pemerintah 2019, mengenai besarnya gaji pokok menurut kelas dan lama masa kerja. Peraturan tersebut mencakup kelompok I hingga IV, dengan standar dari yang paling rendah hingga yang tertinggi yang disesuaikan dengan MKG di bawah satu tahun sampai dengan 27 tahun. Untuk mengetahui lebih detail tentang daftar gaji PNS 2020 menurut kelas, berikut adalah format lengkapnya.

Kementerian Tenaga Kerja sendiri secara berkala setiap tahunnya selalu meningkatkan standar upah minimum untuk buruh dan tenaga kerja swasta. Hal ini tentunya sangat ironis mengingat upah buruh pemerintah sudah tidak dinaikkan selama 3 tahun berturut – turut. Detailnya lihat Daftar Tahun 2021.

Kenaikan Gaji PNS Diganti Jadi THR dan Insentif Kerja

Menurut beberapa sumber, disebutkan bahwa gaji PNS tidak ditingkatkan karena sudah diganti menjadi THR dan uang insentif kerja. Sejak tahun 2016 yang lalu, PNS secara resmi memang telah mendapatkan Tunjangan Hari Raya. Selain itu, PNS juga turut mendapatkan uang insentif kerja yang dibayarkan secara berkala setiap beberapa bulan sekali.

Di lain sisi, Pegawai Negeri Sipil yang berstatus sebagai guru saat ini juga sudah mendapatkan kompensasi tambahan berupa uang sertifikasi. Jika digabungkan dengan gaji pokok yang diterima setiap bulannya, maka, meskipun tidak mengalami peningkatan secara simbolis, namun penghasilan yang diterima oleh PNS tetap mengalami peningkatan.

Gaji PNS dan Tahun Politik

Selain diberikan akan segera mengalami peningkatan hingga 200 persen, gaji dan tunjangan PNS belakangan ini juga sering dikait – kaitkan dengan urusan politik. Pasalnya sesaat lagi kita akan memasuki tahun politik yang sangat krusial bagi pemimpin negara dan anggota dewan. Lantas, apa hubungan Gaji Pegawai Negeri Sipil dan tahun politik?

Menurut prediksi sejumlah pengamat politik, untuk menarik simpati PNS, pemerintah dalam waktu dekat diprediksi akan segera menaikkan Gaji Pegawai Negeri Sipil. Jika merujuk pada jumlah PNS yang tidak sedikit, maka teori di atas tentunya cukup masuk akal.

Itulah sedikit tulisan mengenai daftar gaji pegawai negeri sipil yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Fokus :