Yuk Update Gaji Pokok PNS Golongan 3a Terbaru

Diposting pada

Yuk Update Gaji Pokok PNS Golongan 3a Terbaru. – Aparatur Sipil Negara (ASN) atau yang lebih dikenal sebagai Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut sebagai PNS ini pastinya menjadi salah satu profesi yang paling banyak diidam-idamkan. Bagi Anda yang sudah lolos CPNS dengan pendidikan terakhir jenjang sarjana S1. Maka nantinya akan langsung mendapatkan gaji dengan golongan 3a jika sudah ditetapkan menjadi Pegawai Negri Sipil atau tetap.

Perubahan Gaji PNS Saat Ini
Perubahan Gaji PNS Saat Ini

Sehingga bagi kalian para lulusan S1 yang sudah lulus PNS. Tidak perlu heran jika jumlah besaran gaji PNS golongan 3a menjadi satu pertanyaan yang menarik untuk diketahui. Apalagi akhir-akhir ini yang dikutip dari berbagai sumber, KEMENPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) merencanakan sejumlah perubahan mengenai sistem gaji PNS di tahun-tahun yang akan datang.

Tunjangan Gaji PNS

Berdasarkan info, sistem gaji terbaru telah diambil menjadi sebuah kebijakan yang mana didasari pada kondisi keuangan negara saat ini. Sehingga kebijakan terbaru mengenai komponen gaji PNS hanya akan didasari pada dua item saja, yaitu gaji pokok PNS dan dua jenis tunjangan.

Tunjangan tersebut meliputi tunjangan kinerja serta tunjangan kemahalan. Rumusan mengenai tunjangan kinerja akan dipertimbangkan berdasarkan capaian kinerja masing-masing PNS. Sedangkan rumusan tunjangan kemahalan akan dipertimbangkan melalui indeks harga yang berlaku di masing-masing daerah. Proses perubahan sistem mengenai pengajian PNS yang semula hanya berbasis pangkat, golongan ruang serta masa kerja menuju ke sistem penggajian yang berbasis pada harga jabatan.

Formula Gaji PNS Yang Baru

Lalu sebenarnya berapa besaran gaji PNS untuk golongan 3a sistem gaji PNS terbaru tersebut? formula gaji PNS yang baru nantinya ditentukan melalui beban kerja, tanggung jawab, serta resiko pekerjaan yang diemban. Penerapan mengenai formula gaji PNS pokok tersebut nantinya dikerjakan secara beberapa tahap.  Tahapan itu yaitu diawali dengan proses perubahan sistem penggajian yang awalnya berbasis tangkap, golongan ruang serta masa kerja sekarang akan diubah menjadi sistem penggajian yang berbasis pada harga jabatan.

Untuk sementara mengenai format tunjangan PNS akan meliputi tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan. Rumusan panjangnya kinerja didasari pada capaian kerja dari tiap-tiap PNS, sedangkan rumusan tunjangan kemahalan akan didasari pada indeks harga yang sedang berlaku di daerah masing-masing.

Perubahan Sistem Gaji PNS

Jadi secara substansial, mengenai perubahan sistem penggajian yang awalnya berbasis pangkat, golongan ruang serta masa kerja akan dirubah menjadi basis harga jabatan yang didasari nilai jabatan. Nilai jabatan tersebut diperoleh melalui hasil evaluasi jabatan yang menghasilkan nilai jabatan ataupun tingkatan jabatan yang kemudian disebut dengan pangkat.

Semua kebijakan mengenai penetapan penghasilan PNS tersebut pastinya berkaitan erat dengan kondisi keuangan negara. Sehingga dibutuhkan usaha ekstra yang hati-hati serta dukungan dengan hasil analisis dan simulasi yang mendalam dan komprehensif. Jadi kebijakan tersebut tidak akan memberikan dampak negatif terhadap kesejahteraan PNS ataupun kondisi keuangan negara.

Besaran Gaji PNS Golongan 3A

Mengenai gaji pokok PNS golongan 3a terbaru saat ini adalah sebesar Rp. 2.579.400 dengan 0 tahun masa kerja, dan sebesar Rp. 4.236.400 untuk masa kerja selama 32 tahun. Jadi sebenarnya itu lah kisaran gaji PNS golongan 3a.

Demikianlah ulasan mengenai gaji pokok PNS golongan 3a terbaru saat ini. Semoga bermanfaat!

Fokus :