Gaji Tukang Parkir Pesawat 2021

Diposting pada

Gaji Tukang Parkir Pesawat – Banyak sekali orang yang mencita-citakan agar bisa bekerja di bidang penerbangan. Selain bisa mendapatkan gaji yang cukup besar, mereka beranggapan bisa keliling dunia dengan bekerja di bidang penerbangan. Oleh karena itulah tak sedikit orang yang berbondong-bondong mendaftarkan dirinya ke maskapai penerbangan. Kendati demikian, bekerja di bidang penerbangan pasti memiliki tanggung jawab yang besar.

Gaji Tukang Parkir Pesawat
Gaji Tukang Parkir Pesawat

Profesi di Bidang Penerbangan

Jika membicarakan profesi di bidang penerbangan, mungkin masih banyak orang yang mengabaikan atau kurang memperhatikan pekerjaan tukang parkir pesawat. Pasalnya mana pekerjaan yang satu ini sering tidak masuk dalam radar atensi. Padahal peran tukang parkir pesawat juga tidak kalah penting dengan profesi di dunia penerbangan lainnya

Tahukah Anda, nyatanya tukang parkir pesawat mempunyai peran yang sangat vital di bidang penerbangan. Selain itu, mungkin Anda juga akan terkejut jika mendengar nominal gaji yang diterima oleh tukang parkir pesawat. Jangan beranggapan yang namanya tukang parkir itu hanya menerima uang recehan ya. Karena yang diterima oleh tukang parkir pesawat nominalnya sangat mencengangkan.  Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Tukang parkir pesawat adalah pekerjaan yang membutuhkan tanggung jawab yang sangat besar. Mungkin sebagian besar orang termasuk Anda mengira bahwa tidak mungkin seorang tukang parkir bisa mendapatkan gaji yang besar. Tapi tentunya hal ini berbeda jika membicarakan seorang tukang parkir pesawat. Sebab tukang parkir pesawat memang digaji dengan jumlah nominal yang besar.

Gaji Tukang Parkir Pesawat 2021

Tukang parkir pesawat yang biasa disebut dengan marshaller ini bisa mendapatkan gaji puluhan juta rupiah tergantung pada maskapai pesawat dan pengalaman serta sertifikatnya sendiri. Dikutip dari situs pekerjaan ziprecruiter.com seorang tukang parkir pesawat bisa menerima hingga 607 juta per tahunnya.

Hal itu bisa dibilang sangat wajar karena marshaller ini merupakan salah satu pekerjaan yang paling menantang. Marshaller atau tukang parkir pesawat bertugas memberi komando kepada pilot untuk memarkirkan pesawatnya setelah pesawat tersebut mendarat. Oleh sebab itulah, tukang pakai pesawat dituntut mempunyai kecepatan dan ketepatan ketika sedang memberi arahan. Mereka juga harus diberikan pelatihan khusus sebelum akhirnya terjun ke lapangan secara langsung.

Tugas Pekerja Tukang Parkir Pesawat

Untuk setiap pendaratan, pengertian pesawat juga termasuk pekerjaan berantai, yaitu awalnya pengawas lalu lintas bandara akan berkomunikasi dengan pilot perihal arah pesawat yang diizinkan mendarat. Setelah itu silakan berkoordinasi dengan teknik perawatan pesawat yang akan menyampaikan informasi pendaratan kepada marshaller, dimana merekalah yang akan bertanggung jawab untuk memberikan sinyal parkir untuk dilihat kepada pilot.

Ketika memarkirkan pesawat, tukang parkir pesawat harus dilindungi setidaknya dengan 4 alat keselamatan utama untuk melindungi mereka dari bahaya.

  • Yang pertama yaitu sepasang alat penutup telinga yang berfungsi mengurangi kebisingan pada mesin pesawat.
  • Yang kedua yaitu sepatu pengaman yang terdapat penutup ciri kaki yang terbuat dari logam supaya mampu menjaga kaki tukang parkir pesawat tetap aman terlepas dari apa yang melewatinya.
  • Ketiga yaitu jaket rompi keselamatan yang berwarna neon supaya membuat tukang parkir tersebut terlihat secara visual oleh pilot.
  • Yang terakhir yaitu sepasang tongkat sinyal LED yang digunakan ketika bekerja pada setiap malam. Sedangkan jika pada siang, tukang parkir pesawat tersebut akan menggunakan marshalling bat.

Karena itulah tak heran jika tukang parkir pesawat bisa mendapatkan gaji yang cukup fantastis mengingat pekerjaan mereka juga cukup beresiko dan berbahaya.

Demikianlah ulasan mengenai gaji tukang parkir pesawat. Jangan remehkan mereka lagi ya guys!