Daftar Perkembangan UMR Garut Hingga 2021

Diposting pada

Daftar Perkembangan UMR dan UMK Garut Hingga 2021. – Seperti yang sudah kita tahu bahwa awal tanggal merupakan hari yang mungkin di nati – nantikan oleh sebagai atau bahkan hampir seluruh orang yang mempunyai profesi sebagai karyawan. Baik itu karyawan swasta maupun sebagai pergawai negeri di instansi pemerintahan.

Awal tanggal yang merupakan hari gajian merupakan hal yang selalu menjadi rutinitas sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan agar dapat memberikan hak karyawan yang telah bekerja selama satu bulan lamanya. Tidak jarang pula beberapa perusahaan bonafit juga memberikan gaji di luar gapok (gaji pkokok). Seperti insentif atau tunjangan, asuransi atau tambahan income seperti lembur dan dinas ke luar kota atau daerah.

UMR Garut Terbaru
UMR Garut Terbaru

Namun sudahkah anda tahu berapa sebenarnya gaji atau Upah Minimun Regional (UMR) di Kota Garut?. Bagi anda warga dan masyarakt yang mendapatkan pengasilan atau gaji UMR Kota Garut tentunya anda wajib tahu berapa sebenarnya kisaran UMR di tahun 2021, simak informasi berikut ini.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Kota Garut termasuk dalam Provinsi Jawa Barat tentunya mempunyai begitu banyak Sumber Daya Alam. Telah banyak dikenal oleh masyarakat Kota Garut itu sendiri sebagai pengelola sekaligus penjaga tempat wisata agar tetap lestari.

Potensi Penunjang Perekonomian Garut

Potensi yang ada di Kota Garut tentunya dapat memberikan kontribusi positif untuk pertumbuhan dan perkembangan perkonomiannya. Hal ini sesuai dengan kerjasaama dan kordinasi yang baik antara pemerintah Kota Garut dan masyarakat sekitar. Sehingga akan memberikan dampak yang baik bagi Pendapatan Asli Daerah atau PDA di Kota Garut itu sendiri.

Salah satu contoh potensi wisata yang ada di Kota Garut yaitu peluncuran Pasar Digital Candi Cangkuang yang dimeriahkan dengan berbagai atraksi menarik anatara lain Helaran Seni Rudat. Prosesi Adat Kampung Pulo, Rampak Kohkol, Rampak Kendang, Arumba serta tawak dan pertunjukan musik milenial.

Dalam sistem pemberian upah minimun ini tidak berlaku tunggal artinya adalah setiap provinsi atau kabupaten/kota mempunyai hak masing – masing dalam mengatur rumah tangganya sendiri. Sehingga penetapan atau pemberian upah mempunyai perbedaan di setiap daerahnya sendiri. Sehingga penetapan Upah Minimun Regional dapat disesuaikan dan mampu memberikan manfaat secara langsung bagi seluruh warga daerah itu sendiri.

UMR Garut Terbaru

Sedangkan pengertian dari Upah Minimun itu sendiri adalah standar nominal upah terendah yang wajib digunakan sebagai pedoman pengusaha dalam pembayaran upah pekerja yang berada di perusahaan. Tujuan adanya pemberian Upah Minimun oleh pemerintah adalah untuk menciptakan sistem pengupahan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup layak pekerja dan keluarganya.

Penjelasan tentang UMR itu sendiri terdapat dalam Pasal Peraturan Menteri Tenaga Kerja No 01 Tahun 1999 Tentang Upah Minimum. Dalam hal tersebut Upah Minimum Regional (UMR) dibedakan menjadi dua yaitu :

  • Upah Minimum Regional Tingkat 1 (UMR Tk1) atau Upah Minimum yang berlaku di satu provinsi.
  • Upah Minumum Regional Tingkat II (UMR Tk II) atau Upah Minimum yang berlaku di daerah kabupaten/kotamadya/kota atau menurut wilayah pembangunan ekonomi daerah atau karena kekhususan wilayah tertentu.

Perkembangan UMR Garut Hingga 2021

Sehingga pada tahun ini, penetapan Upah Minimum Regional (UMK atau UMR) 2021 sebesar Rp. 1.961.085,70 (Satu Juta Sembilan Ratus Enam Puluh Satu Ribu Delapan Puluh Lima Rupiah). Untuk lebih lengkapnya lihat Daftar pekembangan UMK Garut hingga ditahun 2021 ini:

TahunBesaran UMK/UMR
2021Rp 1,961,085
2020Rp 1,961,085
2019Rp 1.807.285
2018Rp 1.672.947
2017Rp 1.538.909
2016Rp 1.421.625
2015Rp 1.250.000
2014Rp 1.085.000
2013Rp 965.000