Ulasan UMR Jepara 2021, Terbaru

Diposting pada

Ulasan UMR Jepara 2021, Terbaru – Jepara merupakan kabupaten di Jawa Tengah dimana memiliki ibukota di Jepara. Letak geografis dari kota yang satu ini adalah berbatas dengan laut jawa di sebelah utara dan barat, kabupaten Pati dan Kudus di sebelah timur serta Kabupaten Depak di sebelah Utara.

Jepara Sendiri dikenal sebagai kota ukir dimana menjadi salah satu sector perekonomian di kota ini.

Logo Pemda Jepara (UMR Jepara)
Logo Pemda Jepara (UMR Jepara)

Hal ini bukan tanpa sebab pasalnya, anda bisa menemukan banyak pusat ukir yang diimpor hingga ke luar negeri. Selain, di sector tersebut, Jepara juga memiliki banyak potensi wisata yang mampu menopang tingkat perekonomian di kota ini.

Perusahaan seperti pabrik juga bisa anda temukan di kota yang dikenal sebagai kota kelahiran RA. Kartini ini.

Hubungan UMR dengan Perekonomiannya

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, Jepara juga menerapkan adanya system upah minium regional. Dengan cara inilah maka para warga Jepara bisa mendapatkan kelayakan hidup yang pantas. Selain itu, penetapan UMR tersebut juga telah mempertimbangkan beberapa hal.

Tak bisa dipungkiri jika UMR ini memang sudah menjadi salah satu permasalahan yang akan selalu dibahas oleh di negeri ini.

UMR sendiri sebagai wujud pengupahan atas kerja para buruh atau pekerja. Di Indonesia sendiri, pembagian upah minimum pun berbeda-beda setiap daerah termasuk di kawasan Jepara ini.

Nantinya, adanya kenaikan UMR ini bisa membantu para buruh atau pekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup sebulan. Tak heran jika banyak para buruh atau karyawan yang menginginkan adanya kenaikan UMR setiap tahun.

Kenaikan UMR Jepara ini sendiri dipercaya mampu meningkatkan perekonomian karena warga semakin memiliki daya beli yang tinggi.

Walaupun demikian, dalam prakteknya menentukan berapa besar UMR menjadi tugas yang cukup sulit untuk dilakukan oleh pemerintah. Dimana pemerintah juga diharuskan untuk memperhatikan beberapa kebijakan dimana nantinya tidak akan mengganggu sector investasi ataupun pemenuhan permintaan masyarakat.

Dampak kenaikan UMR Jepara Terhadap Para Pekerja

Adapun dampak yang mengiringi kenaikan UMR Jepara  ini bagi para pekerja dimana mereka akan memiliki kelayakan hidup yang lebih bagus karena tingkat perekonomian mereka yang semakin bagus dengan adanya kenaikan upah minimum tiap tahunya.

Peningkatan daya beli masyarakat juga akan mengalami peningkatan sehingga juga akan mendorong adanya usaha-usaha baru yang berdatangan ke Jepara.

Tetapi perlu diingat juga apabila dengan adanya kenaikan UMR ini harga barang di pasaran akan cenderung mengalami kenaikan dan bahkan dampak yang paling parah adalah beberapa buruh atau karyawan akan mengalami pemutusan kerja sama.

Naiknya UMR Jepara ini juga akan menyebabkan para investor asing akan berfikir beberapa kali untuk berinvestasi di di daerah ini.

Berikut Tabel Lengkap UMR Jepara tiap tahunnya:

NoTahunNilai
1UMR Jepara 2021Rp 2.107.000,00
2UMR Jepara 2020Rp 2.040.000,00
3UMR Jepara 2019Rp 1.879.031,00
4UMR Jepara 2018Rp 1.739.360,00
5UMR Jepara 2017Rp 1.600.000,00
6UMR Jepara 2016Rp 1.350.000,00

Penetapan UMR Jepara 2021

Tahun ini, besaran UMR Jepara 2021 hampir sama dengan tahun lalu dimana naik dari Rp 2.040.000,00 menjadi Rp 2.107.000,00. Penetapan ini sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah dan sudah dirapatkan pada dewan pengupahan kabupaten Jepara.

Selain itu, perhitungan ini juga telah berdasarkan rapat dan pembahasan oleh pihak yang berkepentingan dibidang pengupahan.

Dengan itu nilai UMR Jepara 2021 mengalami kenaikan sekitar Rp 67 ribu. Hal tersebut mengingat surat edaran yang di terima oleh pemerintahan jepara tentang pengupaha di tahun 2021.

Dan sebagai pertimbangan saat ini masih dalam masa pandemi covid-19 yang membuat perekonomian semakin tergerus.

Penetapan UMR Jepara 2020

kenaikan UMR Jepara 2020 hampir sama dengan tahun lalu naik hingga 8.51%. Penetapan upah pada tahun 2019 yakni Rp1,8 juta  dan pada tahun 2020 yaitu Rp2,04 juta. Dengan ini mengungkapkan nilai ini mengalami kenaikan sekitar 200 ribu lebih.

Penetapan ini melibatkan semua pihak yang berkepentingan dalam perupahan Kabupaten Jepara. Tak hanya melalui rapat dewan pengupahan saja, upah minimum ini juga telah mendapatkan kesepakatan dari Gubernur Jateng.

Informasi ini terkait:

kenaikan UMK Jepara 2021