Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bagi Pemula

Diposting pada

www.upahminimum.com – Untuk yang sudah berpengalaman, cara membuat surat lamaran kerja tentunya sangat mudah. Pasalnya lamaran kerja cenderung selalu memiliki format yang sama, sehingga kalau sudah pernah membuat, ke depannya pasti tidak akan kesulitan lagi.

Ilustrasi : Dunia kerja
Ilustrasi : Dunia kerja

Seperti yang telah kita ketahui bersama, surat lamaran kerja adalah salah satu bagian yang sangat penting. Diterima atau tidaknya lamaran pekerjaan sangat bergantung pada lamaran kerja yang diajukan. Bila lamaran kerja yang diajukan tidak menarik, bisa – bisa lamaran kerja yang diajukan tidak akan digubris sama sekali oleh tim HRD perusahaan.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda. pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai cara membuat surat lamaran kerja bagi pemula.

Langkah – langkah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Secara keseluruhan lamaran kerja tidak jauh berbeda dengan surat formal lainnya. Untuk membuat surat lamaran kerja, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  1. Tulis tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Tulis tujuan / alamat surat. Bila perlu tulis nama kepala HRD perusahaan beserta dengan gelar dan jabatannya. Jangan lupa pula untuk menuliskan alamat lengkap perusahaan
  3. Tulis salam pembuka
  4. Tulis kata pengantar. Dalam kata pengantar, Anda harus mencantumkan dari mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang ingin Anda lamar.
  5. Tulis isi. Dalam isi, Anda wajib mengutarakan tujuan Anda menulis surat, yaitu untuk melamar pekerjaan. Jangan lupa untuk turut mencantumkan posisi jabatan yang ingin Anda lamar, biodata lengkap Anda, pengalaman kerja yang Anda miliki, dll.
  6. Tulis penutup. Dalam penutup, Anda dapat mengutarakan bahwa Anda memiliki keinginan yang besar untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk turut mengucapkan terima kasih.
  7. Tulis salam penutup
  8. Tulis Hormat Saya (dibubuhi tanda tangan dan nama lengkap)

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

  1. Pertama – tama, coba baca persyaratan yang diajukan oleh perusahaan saat mereka membuat pengumuman lowongan pekerjaan. Hal ini perlu dilakukan agar isi lamaran kerja yang Anda buat tidak keluar dari konteks lowongan kerja yang diedarkan oleh perusahaan.
  2. Buat lamaran kerja dengan menggunakan bahasa formal yang baku dan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia
  3. Sebisa mungkin, gunakanlah kata – kata yang sederhana, singkat, padat, jelas, sopan, menarik, dan tentunya juga mudah dipahami
  4. Utarakan tujuan surat tersebut dengan jelas. Jangan sampai membuat surat lamaran kerja Anda tidak fokus dengan tujuan utama Anda, yaitu melamar kerja.
  5. Pastikan alamat tujuan surat lamaran yang Anda buat jelas. Dari mulai nama penerima surat, gelar, jabatan serta alamat perusahaan tidak boleh salah. Anda harus benar – benar teliti. Dengan begitu, nilai Anda di mata perusahaan akan meningkat.
  6. Bila lamaran kerja Anda sudah selesai, coba baca ulang surat tersebut. Pastikan surat lamaran Anda tidak ada yang salah ketik. Jangan lupa pastikan pula surat tersebut telah menggunakan tata bahasa yang baik dan benar.
  7. Agar lamaran kerja Anda terlihat rapi, pastikan kertas yang Anda gunakan benar – benar bersih. Hindarilah pengguna tip-ex atau coretan. Hal tersebut dapat membuat lamaran kerja Anda menjadi tidak rapi. Selain itu, pastikan surat tersebut tidak terlipat, sehingga tampilannya benar – benar bersih dan rapi.
  8. Khusus untuk Anda yang membuat surat lamaran dengan cara ditulis tangan, pastikan tulisan Anda jelas dan mudah untuk dibaca. Bila Anda tidak menguasai teknik menulis tegak bersambung, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakannya. Tulis surat lamaran Anda menggunakan gaya tulisan yang Anda mampu. Dengan begitu, perusahaan akan bisa melihat kemampuan dan psikologi diri Anda.
Fokus :