Perkembangan UMR Banjarmasin 2021

Diposting pada

Perkembangan UMR atau UMK Banjarmasin 2021 – Perkembangan UMR Banjarmasin 2021  – Kalimantan Selatan terhitung memiliki 13 wilayah yang mencakup 11 wilayah Kabupaten dan 2 merupakan wilayah kota. Salah satu dari kabupaten tersebut yaitu Banjarmasin yang sekaligus menjadi ibukota dari provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia.

UMR Banjarmasin Terbaru
UMR Banjarmasin Terbaru

Kota Banjarmasin merupakan sebuah kotamadya atau sebuah kota yang dipimpin oleh wali kota. Banjarmasin mendapatkan julukan sebagai Kota Seribu Sungai oleh masyarakat. Dimana di dalam kota tersebut tersebar berbagai jenis pulau seperti Pulau Tatas, Pulau Kelayan, Pulau Rantauan Keliling, Pulau Insan, Pulau Kembang, Pulau Bromo dan lain-lain.

Luas wilayah banjarmasin mencapai 98,46 km², dimana wilayahnya merupakan delta atau kepulauan yang terdiri dari puluhan pulau kecil, tepatnya sekitar 25 buah pulau kecil (delta) yang kemudian dipisahkan oleh sungai-sungai yang mengalir di kota tersebut.

Sebanyak 671.690 jiwa mendiami kota ini dengan kepadatan 6.822 jiwa/km². Seluruh penduudk di Kota Banjarmasin tersebar dalam 5 kecamatan dan 52 kelurahan.

Potensi Perekonomian kota Banjarmasin

Secara administratif pemerintahan Kota Banjarmasin dibagi menjadi 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Banjarmasin Utara, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kecamatan Banjarmasin Barat, dan Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Masing-masing kecamatan tersebut memiliki fungsi yakni sebagai pusat perkantoran, da fungsi lainnya yang juga merupakan pusat-pusat pertumbuhan di Kota Banjarmasin. Banjarmasin juga merupakan salah satu pintu gerbang kegiatan ekonomi nasional.

Bukan hanya sebagai Kota Niaga saja, akan tetapi Banjarmasin juga terkenal menjadi salah satu kota bersejarah , yang disebut menjadi puast penghasil Intan, Ruby, dan berbagai jenis permata. Kecamatan Banjarmasin Tengah sebagai kecamatan yang berkembang secara pesat di sebutkan sebagai pusat pemerintahan, perkantoran dan perdagangan; sebagai pusat perdagangan dan permukiman ada pada Kecamatan Banjarmasin Timur; dan Kecamatan Banjarmasin Barat menjadi pusat pelabuhan, jasa dan perdagangan.

Masyarakat yang mendiami kota Banjarmasin banyak mengandalkan sektor perdagangan dan jasa, serta sektor pariwisata. Ada berbagai macam sentra perdagangan disana yang turut menjadi daya tarik salah satu sentra perdagangan dan pariwisata adalah Kampung Sasirangan dimana tempat ini menjadi pusat pembuatan batik khas Banjarmasin.

Beragam pariwista juga turut menjadi ikonik kota Banjarmasin, dimana disana banyak tersebar tempat wisata baik dari wisata Alam, wisata kuliner, maupun wisata religi/sejarah/budaya memiliki kemampuan untuk menarik daya tarik para turis luar kota, dan hasilnya dapat menambah pendapatan baik bagi pemerintahannya maupun masyarakatnya.

Perkembangan UMR Banjarmasin Tahun ke Tahun

Daftar UMK Banjarmasin dari tahun 2016 hingga tahun 2021, sebagai berikut :

No TahunJumlah
1UMK Banjarmasin 2016Rp 2.105.000
2UMK Banjarmasin 2017Rp 2.290.000
3UMK Banjarmasin 2018Rp2.489.459,
4UMK Banjarmasin 2019Rp2.689.360,
5UMK Banjarmasin 2020Rp 2.918.266
6UMK Banjarmasin 2021Rp 2.918.266

Banjarmasin kini juga digolongkan sebagai salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang memiliki angka penyebaran COVID-19 yang cukup tinggi. Maka dari itu banyak sekali industri yang menutup usahanya untuk sementara waktu sampai keadaan dikatakan membaik.

UMR dan UMK Bajarmasin 2021

Pada tahun 2021 telah resmi diterapkan dan diumumkan bahwa UMK Banjarmasin masih sama seperti tahun lalu yaitu sejumlah Rp. 2.918.266. Angka ini jelas sama dengan ketetapan UMK ditahun 2020 silam.

Keputusan ini di ambil dengan mengedepankan isian yang tertera pada Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/11/HK.04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 Pada Masa Pendemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19),
Bagaimanapun keputusan ini merupakan keputusan yang paling baik untuk bersama, hal ini juga dilakukan seadil-adilnya khususnya agar tidak ada yang dirugikan lebih lagi baik diantara pekerja maupun pemilik usaha.

Demikian ulasan mengenai UMK Kota Banjarmasin dari tahun ketahun berikut dengan potensi perekonomian masyarakatnya, semoga bermanfaat!