Terlengkap, Daftar UMR Bontang 2021

Diposting pada

Terlengkap, Daftar UMR atau UMK Bontang 2021 – Terletak sekitar 120 km dari kota Samarinda, kota Bontang merupakan sebuah kota di provinsi Kalimantan Timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur di Utara dan Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara di Selatan serta selat Makassar di Timur.

UMR Bontang Terbaru
UMR Bontang Terbaru

Kota Bontang memegang peranan yang cukup penting dalam pembangunan Kalimantan Timur dan juga nasional. Sebenarnya, jika dibandingkan dengan Kabupaten lain di Kalimantan Timur, luas wilayah Bontang relatif kecil yaitu hanya seluas 406.70 km². Kendati demikian, hal tersebut tidak membuat Kabupaten ini tertinggal dari kabupaten lain dan struktur memiliki peranan yang penting.

Secara administratif, kota Bontang dikembangkan sebagai Daerah Otonom Kota sejak tahun 1999. Letak Kota Bontang termasuk strategis, karena pada poros jalan Trans-Kalimantan dan juga dilalui oleh jalur pelayaran Selat Makassar. Hal tersebut tentunya memberikan keuntungan tersendiri dalam mendukung interaksi wilayah kota Bontang dengan wilayah luar kota Bontang.

Potensi Perekonomian Bontang

Kota Bontang merupakan kota yang berorientasikan di bidang jasa, industri dan perdagangan. Telah berdiri tiga perusahaan besar di kota ini di bidang yang berbeda-beda yaitu pengolahan gas alam pada perusahaan Badak NGL, pengolahan pupuk urea, amonia liquid dan pupuk NPK pada perusahaan Pupuk Kalimantan Timur serta batubara oleh Indominco Mandiri. Selain itu, Kota Bontang juga mempunyai kawasan industri Petrokimia yang bernama Kaltim Industrial Estate.

Kota Bontang memang terkenal sebagai terdapat 3 perusahaan besar tersebut. Ditambah lagi terdapat keberadaan tim sepak bola, Bontang FC yang kerap bermain di Super Liga. Kota Bontang juga memiliki studio siaran televisi lokal yang bernama PKTV dan LNGTV. Apalagi di bagian Utara Kota Bontang, berdiri kantor pengurus Taman Nasional Kutai dan bandara Bandar Udara Bontang.

Itulah mengapa Kota Bontang memiliki peranan yang cukup penting dalam pembangunan Kalimantan Timur karena memiliki potensi perekonomian yang cukup baik. Dengan demikian, diharapkan perkembangan ekonomi di Kalimantan Timur bisa tumbuh secara merata, baik itu di tiap kota Kalimantan Timur terutama di Kabupaten Bontang sendiri. Pemerataan pertumbuhan ekonomi tersebut bisa menjadi bentuk pemerataan UMR (Upah Minimum Regional) di Kota Bontang.

Daftar UMR Bontang dari Tahun ke Tahun

NoTahunNilai
1.2021Rp. 4.200.049
2.2019Rp. 3.871.052
3.2018Rp. 3.583.312
4.2017Rp. 3.296.212
5.2016Rp. 3.045.000

UMR merupakan upah minimum yang harus dibayarkan oleh pihak perusahaan, baik itu perusahaan skala kecil dan perusahaan skala besar dan mengganti para pegawai atau pekerjaannya. Masing-masing wilayah di Indonesia mempunyai standar masing-masing berkaitan gaji UMR dan UMK termasuk di Kota Bontang.

UMR Atau UMK Bontang 2021

Upah Minimum Kota (UMK) Kota Bontang tahun 2021 adalah senilai Rp 3.182.706. Nilai tersebut tetap sama seperti tahun 2020 dan tidak mengalami kenaikan. Keputusan ini dikeluarkan berdasarkan hasil kesepakatan rapat Depeko (Dewan Pengupahan Kota) dimana unsur pengusaha, Pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Bontang, Serikat pekerja dalam hal ini juga terlibat.

Penetapan nilai UMK yang tidak meningkat merupakan akibat dari beberapa pertimbangan. Salah satu diantaranya yang paling utama yaitu disebabkan oleh lemahnya pertumbuhan ekonomi karena pandemi COVID-19. Bukan hanya di Kota Bontang, penetapan nilai tersebut juga sepertinya sama terhadap wilayah di Kalimantan Timur yang tidak mengalami kenaikan. Hal ini juga merupakan kesepakatan yang diusulkan ke tingkat provinsi untuk kemudian disahkan oleh gubernur Kalimantan Timur.

Walaupun UMK tidak mengalami kenaikan, tetapi diharapkan hal tersebut dapat dimaklumi serta tidak mengurangi motivasi kinerja karyawan ketika bekerja.