Daftar UMR Pangandaran 2021 Terbaru

Diposting pada

Daftar UMR dan UMK Pangandaran 2021 Terbaru – Siapa yang tidak mengenal Kota Pangandaran. Salah satu kota di Indonesia yang mempunyai beragam potensi keunggulan daerahnya seperti potensi terbesar yang dimiliki Kabupaten Pangandaran adalah pariwisata. Baik objek wisata pantai maupun sungai yang terawat sangat baik dan dikelola oleh masyarakat dan pemerintah Kota Pangandaran. Hal ini terbentuk karena kerjasama yang baik antara warga dan masyarakat Kota Pangandaran dengan Pemerintahnya.

UMR Pangandaran Terbaru
UMR Pangandaran Terbaru

Potensi Di Wilayah Pangandaran

Selain dibidang pariwisatanya, ternyata Kota Pangandaran juga mempunyai kontributor yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan perekonomianya yaitu sektor di bidang pertanian. Seperti tanaman padi (sawah dan ladang) merupakan komoditas utama di sektor pertanian. Apalagi dengan sub sektor palawija yang juga tidak kalah potensial begitu juga sektor lainya seperti perikanan, peternakan dan kehutanan.

Melihat potensi yang begitu besar di Kota Pangandaran. Pemerintah Kota Pangandaran itu sendiri terus berupaya dalam menggali dan mengembangkanya sehingga hal ini dapat membantu memberikan kontribusi yang baik terhadap Pendapatan Asli Daerah atau yang dikenal dengan PAD. Sebab melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ada. Pemerintah Kota Pangandaran dapat menetapakan Upah Minimun Regional atau UMR yang sesuai dengan kondisi warga dan masyarakat yang bekerja di Kota Pangandaran.

UMR Pangandaran Terbaru

Sedangkan pengertian dari Upah Minimun itu sendiri adalah standar nominal upah terendah. Standar nominal ini wajib digunakan sebagai pedoman pengusaha dalam pembayaran upah pekerja yang berada di perusahaan. Tujuan adanya pemberian Upah Minimun oleh pemerintah adalah untuk menciptakan sistem pengupahan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup layak pekerja dan keluarganya.

Dalam sistem pemberian upah minimun ini tidak berlaku tunggal artinya adalah setiap provinsi atau kabupaten/kota mempunyai hak masing – masing dalam mengatur rumah tangganya sendiri. Sehingga penetapan atau pemberian upah mempunyai perbedaan di setiap daerahnya sendiri. Sehingga penetapan Upah Minimun Regional (UMR) dapat disesuaikan dan mampu memberikan manfaat secara langsung bagi seluruh warga dan masyarakat daeah itu sendiri.

Penjelasan tentang Upah Minimum Regional atau UMR itu sendiri terdapat dalam Pasal Peraturan Menteri Tenaga Kerja No 01 Tahun 1999 Tentang Upah Minimum. Dalam hal tersebut Upah Minimum Regional (UMR) dibedakan menjadi dua yaitu :

  1. Upah Minimum Regional Tingkat 1 (UMR Tk1) atau Upah Minimum yang berlaku di satu provinsi.
  2. Upah Minumum Regional Tingkat II (UMR Tk II) atau Upah Minimum yang berlaku di daerah kabupaten/kotamadya/kota atau menurut wilayah pembangunan ekonomi daerah atau karena kekhususan wilayah tertentu.

Namun hal ini juga harus diimbangi dengan UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 dan PP Pengupahan No. 78 Tahun 2015. Menggunakan istilah UMP dan UMK yang berlaku hingga sekarang, sehingga perbedaan UMR dan UMP/UMK adalah kewenangan penetapan, jangka waktu peninjauan upah dan perhitungan kenaikan.

Penetapan UMR Pangandaran 2021

Maka daripada itu melihat dari potensi dan kondisi yang berada di lingkungan warga dan masyarakat Kota Pangandaran. Pemerintah Kota Pangandaran memberikan penetapan angka Upah Minimum Regional atau UMR pada tahun 2021 sebesar Rp. 1.860.591,33 (Satu Juta Delapan Ratus Enam Puluh Ribu Lima Ratus Sembilan Puluh Satu Koma Tiga Puluh Tiga Rupiah).

UMR atau UMK oleh pemerintah Kota Pangandaran diharapkan mampu memebrikan dampak yang positif kepada warga dan masyarakat Kota Pangandaran. Sehingga kebutuhan dasar mereka bisa terpenuhi dan dapat membantu perekonomian serta peningkatan taraf hidup mereka.

Berikut Perkembangan UMR Pangandaran dari tahun ke tahun :

No.TahunNilai
12021Rp 1,860,591
22020Rp 1,860,591
32019Rp 1.714.673
42018Rp 1.558.794
52017Rp 1.433.901
62016Rp 1.324.620