UMR Gunungkidul 2021 Paling Kecil Se-DIY

Diposting pada

UMR atau UMK Gunungkidul 2021 Paling Kecil Se-DIY – Siapa sih yang tidak kenal dengan Gunungkidul?. Kabupaten yang termasuk dalam wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta ini didominasi oleh pegunungan-pegunungan. Di bagian sebelah barat, terdapat pegunungan Sewu atau dikenal juga dengan sebutan Pegunungan Kapur.

Upah Minimum Kabupaten Gunungkidul
Upah Minimum Kabupaten Gunungkidul

Pegunungan itulah yang membuat nama Gunungkidul ini muncul sebagai nama kabupaten. Pegunungan Kapur atau Sewu itu pun membentang cukup panjang di wilayah selatan Pulau Jawa. Panjangnya mulai dari selatan kemudian ke timur sampai ke wilayah Kabupaten Tulungagung.

Hal tersebut karena topografi wilayahnya terdapat banyak perbukitan karst, belum lagi adanya sungai yang berada di bawah tanah yang terus mengalir. Tidak heran kalau budidaya pertanian di Kabupaten Gunungkidul, terutama di wilayah selatannya kurang bagus.

Meskipun begitu, potensi perekonomiannya tidak hanya dari pertaniannya saja, masih banyak sektor lainnya yang mendukung ekonomi masyarakatnya. Untuk pertaniannya, karena tanahnya yang kurang bagus, mereka memanfaatkan lahannya sebagai lahan kering tadah hujan. Lahan tersebut sangat bergantung pada curah hujan, karena memiliki sistem daur iklim.

Untuk sektor pertambangannya, sumber daya yang biasa mereka kelola adalah batu kapur, apung, kalsit, bentonit, serta pasir kuarsa. Bagi penduduk yang tinggal di pesisir pantai, potensi perikanannya sangat memadai, sehingga setiap tahunnya ekonomi dari sektor perikanan terus mengalami peningkatan.

Perkembangan UMR Gunungkidul

Banyaknya potensi ekonomi dari berbagai macam sektor tersebut membuat upah minimum di setiap daerahnya berbeda-beda, seperti daerah lahan pertanian, pesisir pantai, dan sebagainya. Tapi, pemerintah setempat sudah mengeluarkan UMK atau UMR Gunungkidul yang membuat penghasilan para pekerjanya semakin meningkat. Berikut perkembangan UMR Gunungkidul dari tahun ke tahun:

NoTahunNilai
1UMK Gunung Kidul 2021Rp 1.765.000,00
2UMK Gunung Kidul 2020Rp 1.705.000
3UMK Gunung Kidul 2019Rp.1.571.000.00
4UMK Gunung Kidul 2018Rp 1.454. 200,00
5UMK Gunung Kidul 2017Rp 1.337.650,00
6UMK Gunung Kidul 2016Rp 1.235.700,00
7UMK Gunung Kidul 2015Rp 1.108.249,00

Penetapan UMR Gunungkidul 2021

Besaran UMR Gunungkidul 2021 yang diberikan pada para pekerja mencapai Rp 1.765.000,00. Nilai tersebut merupakan kesepakatan yang disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 yang berisikan tentang Pengupahan. Keputusan tersebut juga tertuang dalam Keputusan Gubernur DIY Nomor 319/KEP/2020.

Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Gunungkidul

Kenaikan UMR Gunungkidul 2021 tersebut tentu membawa dampak yang cukup signifikan bagi para pekerjanya. Yang sudah sangat terlihat adalah semakin banyak dari mereka yang kebutuhan hidupnya terpenuhi. Sebelumnya, mereka sulit memenuhi kebutuhan hidup mereka, apalagi yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak.

Dampak Kenaikan UMK Gunungkidul

Kehidupan mereka sudah semakin layak. Bisa dikatakan kesejahteraan mereka sudah semakin meningkat. Di sisi lain, tingkat konsumsi para pekerja juga semakin meningkat, karena pendapatan kerja mereka yang juga semakin naik. Dampak yang satu ini memang sudah menjadi siklus yang paling umum terjadi.

Demikianlah informasi dari kami mengenai UMR Gunungkidul di tiap tahunya, semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

Fokus :