Daftar Besarnya UMR Gunungkidul Hingga 2023

Diposting pada

Daftar Besarnya UMK atau UMR Gunungkidul Hingga 2023 – Siapa sih yang tidak kenal dengan Gunungkidul?. Kabupaten yang termasuk dalam wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta ini didominasi oleh pegunungan-pegunungan. Di bagian sebelah barat, terdapat pegunungan Sewu atau dikenal juga dengan sebutan Pegunungan Kapur.

Pegunungan itulah yang membuat nama Gunungkidul ini muncul sebagai nama kabupaten. Pegunungan Kapur atau Sewu itu pun membentang cukup panjang di wilayah selatan Pulau Jawa. Panjangnya mulai dari selatan kemudian ke timur sampai ke wilayah Kabupaten Gunungkidul.

UMR Dan UMK Gunungkidul Terbaru - Objek wisata gunung kidul yang pertama adalah pantai Pok Tunggal
UMR Dan UMK Gunungkidul Terbaru – Objek wisata gunung kidul yang pertama adalah pantai Pok Tunggal

Hal tersebut karena topografi wilayahnya terdapat banyak perbukitan karst, belum lagi adanya sungai yang berada di bawah tanah yang terus mengalir. Tidak heran kalau budidaya pertanian di Kabupaten Gunungkidul, terutama di wilayah selatannya kurang bagus.

Meskipun begitu, potensi perekonomiannya tidak hanya dari pertaniannya saja, masih banyak sektor lainnya yang mendukung ekonomi masyarakatnya. Untuk pertaniannya, karena tanahnya yang kurang bagus, mereka memanfaatkan lahannya sebagai lahan kering tadah hujan. Lahan tersebut sangat bergantung pada curah hujan, karena memiliki sistem daur iklim.

Untuk sektor pertambangannya, sumber daya yang biasa mereka kelola adalah batu kapur, apung, kalsit, bentonit, serta pasir kuarsa. Bagi penduduk yang tinggal di pesisir pantai, potensi perikanannya sangat memadai, sehingga setiap tahunnya ekonomi dari sektor perikanan terus mengalami peningkatan.

Perkembangan UMR Gunungkidul

Banyaknya potensi ekonomi dari berbagai macam sektor tersebut membuat upah minimum di setiap daerahnya berbeda-beda, seperti daerah lahan pertanian, pesisir pantai, dan sebagainya. Tapi, pemerintah setempat sudah mengeluarkan UMK atau UMR Gunungkidul yang membuat penghasilan para pekerjanya semakin meningkat. Berikut perkembangan UMR Gunungkidul dari tahun ke tahun:

NoTahunNilai
12023Rp 2.049.266
22022Rp 1.900.000
32021Rp 1.765.000
42020Rp 1.705.000
52019Rp.1.571.000
62018Rp 1.454. 200

Penetapan UMR Gunungkidul 2023

UMP Gunungkidul tahun 2023 mengalami kenaikan menjadi Rp 2.049.266, yaitu naik sebesar 7,85% atau sebesar Rp 149.226 dari tahun sebelumnya. Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, melalui Surat Keputusan Gubernur DIY Nomor 338/KEP/2022 Tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi Tahun 2023

Kenaikan UMR Gunungkidul 2023 tersebut tentu membawa dampak yang cukup signifikan bagi para pekerjanya. Yang sudah sangat terlihat adalah semakin banyak dari mereka yang kebutuhan hidupnya terpenuhi. Sebelumnya, mereka sulit memenuhi kebutuhan hidup mereka, apalagi yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak.

Dampak Kenaikan UMK Gunungkidul

Kehidupan mereka sudah semakin layak. Bisa dikatakan kesejahteraan mereka sudah semakin meningkat. Di sisi lain, tingkat konsumsi para pekerja juga semakin meningkat, karena pendapatan kerja mereka yang juga semakin naik. Dampak yang satu ini memang sudah menjadi siklus yang paling umum terjadi.

Demikianlah informasi dari kami mengenai UMK Gunungkidul 2023, semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.