Contoh Slip Gaji Perusahaan, Ada Di Sini

Diposting pada

Contoh Slip Gaji Perusahaan, Ada Di Sini – Di dalam peraturan Depnaker mengenai slip gaji yaitu dalam undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan sebenarnya tidak ada ketentuan yang mengatakan bahwa perusahaan diharuskan memberi slip gaji kepada karyawannya. Topik terkait Contoh Slip Gaji Perusahaan.

Contoh Slip Gaji Perusahan
Contoh Slip Gaji Perusahan

PP Tentang Bukti Pembayaran Gaji

Tetapi di dalam Peraturan Peemerintahan No. 78 Tahun 2015 yang membahas pengupahan mengatur dengan jelas bahwa pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang berisikan rincian upah yang diterima oleh pekerja ketika upah telah dibayarkan.

Slip gaji juga bisa dijadikan sebagai bukti bahwa pengusaha telah membayarkan haknya dalam berupa gaji atau upah kepada pekerja, maka perusahaan harus memberikan slip gaji.

Tujuan Slip Gaji Dan Contoh Slip Gaji Perusahaan

Tujuannya yaitu supaya slip gaji tersebut memberikan bukti secara tertulis apabila suatu saat adanya mencapai versi mengenai perbedaan dalam gaji karyawan belum dibayarkan. Bukti tertulis tersebut akan dianggap kuat supaya bisa menjelaskan bahwa hak karyawan atas upah tersebut telah dibayarkan oleh pengusaha.

Jadi, sejatinya memang perusahaan mempunyai kewajiban untuk memberikan karyawan bukti pembayaran upah baik itu dalam bentuk slip gaji ataupun dalam bentuk lainnya. Di zaman yang semakin canggih dan serba digital seperti sekarang ini, dapat memudahkan proses pembayaran dari pihak perusahaan kepada para karyawan mereka.

Alternatif Slip Gaji Perusahaan

Banyak sekali perusahaan yang sudah mencoba beralih menggunakan slip gaji online daripada menggunakan slip gaji kertas yang ditaruh di amplop serta sifatnya rahasia. Jadi pada intinya perusahaan masih mengutamakan betapa pentingnya slip gaji, dan tidak mempermasalahkan metode apapun sistem pembayaran gaji kepada karyawannya.

Peranan Penting (Contoh) Slip Gaji Perusahaan

Slip gaji mempunyai sejumlah peranan penting bagi karyawan dan perusahaan, diantaranya:

Gaji merupakan bentuk dari bukti pembayaran resmi yang diberikan oleh perusahaan bagi karyawannya

Slip gaji sangat penting diberikan kepada karyawan sebagai pemberitahuan bahwa perusahaan sebagai pemenuhan hak atas pekerjaan karyawan berupa upah telah ditunaikan. Di dalam slip gaji tersebut akan tertera tanggal dikeluarkan setelah dibayarkan. Dengan kata lain sebelum dokumen tersebut dibuat bersamaan dengan jadwal penggajian karyawan.

Dengan tersedianya slip gaji ibu ini maka manfaatnya yaitu terhindar dari bentuk perselisihan atas pemenuhan hak gaji pada saat ada komplain dari pihak karyawan yang mengaku belum menerimanya.

Gaji merupakan bentuk bukti dari penghasilan karyawan

Slip gaji juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti mengajukan kredit. Slip gaji ini mempunyai peranan penting yaitu membantu kreditor dalam mengetahui kesanggupan karyawan yang mengajukan kredit tersebut mampu membayar atau menentukan layak dipinjami atau tidak.

Sip gaji sebagai bentuk perhitungan gaji karyawan secara transparansi

Slip gaji mencantumkan perhitungan penghasilan karyawan secara detail dan terperinci. Jadi karyawan dapat mengetahui transparansi penghitungan termasuk apabila terdapat potongan ataupun tambahan yang diberikan.

Gaji yang mampu mendukung perusahaan untuk sistem transpirasi gaji

Permasalahan gaji pada perusahaan yang ada di Indonesia masih bersifat rahasia dan sifat antara sisakan masih begitu terdengar asing. Padahal seharusnya perusahaan dibutuhkan keterbukaan supaya tidak lagi terkekang oleh kode etik perusahaan lama. Jadi peranan penting selat gaji di sini yaitu perihal gaji yang tidak lagi menjadi dokumen rahasia dari perusahaan. Namun juga sebagai informasi yang valid dan bisa diakses oleh semua karyawan.

Beberapa Contoh Slip Gaji Perusahaan

Di bawah ini tersedia beberapa contoh slip gaji perusahaan yang dapat di jadikan refrensi :

Contoh Slip Gaji Perusahan Swasta Docx
Contoh Slip Gaji Perusahan Swasta Docx

 

Perusahan Swasta 2
Perusahan Swasta 2
Perusahan Swasta 3
Perusahan Swasta 3
Perusahan Swasta
Perusahan Swasta