Cek Yuk Besaran UMR Purwakarta 2021

Diposting pada

Cek Yuk Besaran UMK atau UMR Purwakarta 2021. – Penetapan Upah Minimun Regional (UMR) yang tetapkan oleh pemerintah Kota Purwakarta memang terus ditingkatkan dalam rangka memberikan kesejahteraan dan kemakmuran kepada warga dan masyarakatnya. Penetapan ini berlaku bagi bekerja di sebuah perusahaan dengan upah yang selalu diterima di setiap bulanya. Agar masyarakat dan warga dapat memenuhi kebutuhan dasarnya.

UMR Purwakarta Terbaru
UMR Purwakarta Terbaru

Peningkatan Upah Minimun Regional (UMR) juga harus melalui proses dan mekanisme serta standar. Proses tersebut harus didiskusikan atau dimusyawarahkan dengan berbagai pihak yang mempunyai wewenang dalam memberikan penetapan kenaikan Upah Minimun. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada problematika yang nantinya dapat mengganggu sistem perekonomian yang berada di lingkungan warga dan masyarakat itu sendiri.

UMR Purwakarta Terbaru

Pemberian Upah Minimun Regional (UMR) juga harus disesuaikan dengan kondisi perekonomian yang berada di lingkungan masyarakat. Dimana hal ini harus melihat dari berbagai aspek yang ada seperti salah satunya yaitu Pendapatan Asli Daerah atau yang dikenal dengan PAD. Hal ini sangat penting bagi seorang stake holders dalam menetapkan UMR yang akan berlangsung dalam kurun waktu satu tahun lamanya.

Sementara pengertian sederhana mengenai Upah Minimun Regional (UMR) itu sendiri yaitu standar nominal upah terendah. Standar ini wajib digunakan sebagai pedoman pengusaha dalam pembayaran upah pekerja yang berada di perusahaan. Tujuan adanya pemberian Upah Minimun oleh pemerintah adalah untuk menciptakan sistem pengupahan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup layak pekerja dan keluarganya.

Dalam sistem pemberian upah minimun ini tidak berlaku tunggal artinya adalah setiap provinsi atau kabupaten/kota mempunyai hak masing – masing dalam mengatur rumah tangganya sendiri. Sehingga penetapan atau pemberian upah mempunyai perbedaan di setiap daerahnya sendiri. Penetapan Upah Minimun Regional (UMR) dapat disesuaikan dan mampu memberikan manfaat secara langsung bagi seluruh warga dan masyarakat daeah itu sendiri.

Penjelasan Upah Minimum Regional

Penjelasan tentang Upah Minimum Regional atau UMR itu sendiri terdapat dalam Pasal Peraturan Menteri Tenaga Kerja No 01 Tahun 1999 Tentang Upah Minimum. Dalam hal tersebut Upah Minimum Regional (UMR) dibedakan menjadi dua yaitu :

  1. Upah Minimum Regional Tingkat 1 (UMR Tk1) atau Upah Minimum yang berlaku di satu provinsi.
  2. Upah Minumum Regional Tingkat II (UMR Tk II) atau Upah Minimum yang berlaku di daerah kabupaten/kotamadya/kota atau menurut wilayah pembangunan ekonomi daerah atau karena kekhususan wilayah tertentu.

Namun hal ini juga harus diimbangi dengan UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 dan PP Pengupahan No. 78 Tahun 2015, menggunakan istilah UMP dan UMK yang berlaku hingga sekarang. Sehingga perbedaan UMR dan UMP/UMK adalah kewenangan penetapan, jangka waktu peninjauan upah dan perhitungan kenaikan.

Salah satu kota di Indonesia yang selalu mencoba meningkatkan yaitu Kota Purwarkata, Kota Purwakarta sendiri terletak di daerah Provinsi Jawa Barat. Dimana beragam potensi dan sumber daya alam atau SDA-nya cukup melimpah. Sehingga hal ini dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan perekonomian dia daerah Kota Purwakarta.

Penetapan UMR Purwakarta 2021

Pemkab sendiri pada tahun 2021 telah menetapkan Upah Minimum Regional atau UMR atau UMK Purwakarta sebesar Rp. 4.173.568,61 (Empat Juta Seratus Tujuh Puluh Tiga Ribu Lima Ratus Enam Puluh Delapan Koma Enam Puluh Satu Rupiah). Dengan kata lain bahwa pemerintah Kota Purwakarta telah melakukan berbagai tahapan dan musyawarah bersama di dalam memberikan penetapan Upah Minimum Regional (UMR) itu sendiri.

Berikut perkembangan UMR Purwakarta dari tahun ke tahun :

No.TahunNilai
12021Rp 4,173,568
22020Rp 4,039,067
32019Rp 3.722.299
42018Rp 3.445.616
52017Rp 3.169.549
62016Rp 2.927.990
72015Rp 2.600.000
82014Rp 2.100.000
82013Rp 1.693.167