Lihat Di Sini Contoh Slip Gaji Sederhana

Diposting pada

Contoh Slip Gaji Sederhana – Slip gaji merupakan salah satu bukti resmi yang otentik sebagai penerima gaji dari pemberi kerja untuk pegawai, baik itu instansi ataupun perusahaan. Dokumen tersebut terdiri dari beberapa bagian tertentu yang dijelaskan secara terperinci, seperti gaji bersih, gaji pokok, aneka potongan dan pinjaman jika ada, dan penambahan gaji seperti gaji lembur.

Contoh Slip Gaji Sederhana
Contoh Slip Gaji Sederhana

Biasanya slip gaji karyawan baik itu yang swasta ataupun pegawai pemerintahan diberikan secara bersamaan dengan penerimaan upah atau gaji. Di indonesia periode umum penerimaan gaji biasanya setiap 1 bulan sekali yaitu pada akhir setiap tanggal 25 atau awal bulan tanggal 1.

Dokumen Rutin Diterima Karyawan

Pastinya slip gaji menjadi salah satu dokumen rutin yang diterima oleh karyawan setiap mereka menerima uang gajian mereka. Bahkan slip gaji sering menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu kedatangannya. Sebab bersamaan dengan cairnya uang gaji atas kerja keras yang dilakukan oleh para karyawan selama sebulan di tempat kerja.

Slip gaji bagi seorang karyawan adalah hal yang sangat penting, begitu juga bagi perusahaan yang memberikan gaji. Dokumen inilah yang menjadi salah satu tanda bukti kredibilitas terhadap para karyawan yang bekerja di perusahaan baik dalam bentuk fisik maupun slip gaji online.

Format dan Contoh Slip Gaji Sederhana

Setiap instansi atau perusahaan tentunya mempunyai format slip gaji yang berbeda-beda. Komponen yang dimasukkan ke dalam slip gaji disesuaikan dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan itu sendiri. Tetapi contoh atau format slip gaji yang sederhana secara keseluruhan yang satu dengan yang lain mempunyai sejumlah kesamaan.

Nah untuk Anda yang mempunyai usaha ataupun mau mempunyai kredibilitas pertama di mata para karyawan, maka Anda tentunya membutuhkan slip gaji di setiap pemberian upah atas kerja keras karyawan. Selain untuk lebih menghormati hasil kerja karyawan juga bisa dijadikan sebagai dokumen resmi dalam pengaturan administrasi yang baik.

Nominal uang gaji yang tertera pada slip gaji pasiennya tidak sama di setiap jabatan. Hal itu berlaku juga terhadap jumlah tunjangan yang mereka terima. Bahkan pada jabatan yang sama apabila mereka melakukan sejumlah pinjaman atau potongan lainnya pastinya akan berbeda nominal.

Dari penjelasan tersebut maka bisa disimpulkan bahwa terkait definisi slip gaji. Contoh Slip gaji sederhana merupakan dokumen yang dijadikan sebagai tanda bukti berupa selembar kertas yang isinya berupa nominal gaji yang diterima oleh karyawan dalam satu periode tertentu.

Tujuan atau Manfaat Slip Gaji

Slip gaji tentunya mempunyai sejumlah manfaat tersendiri baik itu bagi karyawan ataupun perusahaan. Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapat oleh pihak perusahaan, yaitu:

  1. Sebagai tanda bukti resmi bahwa perusahaan telah menyelesaikan kewajibannya terhadap karyawan yang bersangkutan mengenai sejumlah nominal tertentu yang sudah menjadi hak para karyawan.
  2. Sebagai dokumentasi dan pencatatan pengeluaran gaji sebagai dari salah satu bagian pengeluaran dana perusahaan.

Di sisi lain manfaat slip gaji untuk para karyawan, yaitu:

  1. Sebagai bukti kejelasan dari proses penggajian karyawan.
  2. Sebagai bukti sah dalam memberikan informasi seputar potongan pajak dan penyetoran pajak penghasilan karyawan.
  3. Sebagai rujukan untuk penyelenggara pembiayaan ataupun pinjaman kredit sebagai dasar salah satu surat permohonan.

Contoh Slip Gaji Sederhana

Berikut merupakan beberapa contoh slip gaji sederhana yang dapat dijadikan refrensi :

Slip Untuk Gaji ke-13
Slip Untuk Gaji ke-13

 

Contoh Untuk Perusahaan
Contoh Untuk Perusahaan

Informasi ini terkait:

Contoh slip gaji Sederhana